Minggu, 10 Juli 2011

Berpetualang di SeaWorld Indonesia


Bagikan tulisan ini ..
Tulisan ini merupakan catatan perjalanan saya di Sea World Indonesia. Pada saat saya kesana di awal Januari 2010 , kali itu merupakan kali kedua saya ke Sea World. Ternyata di Sea World sudah banyak sekali perubahan sejak terakhir kali saya kesana. Dalam petualangan di Sea World kali ini saya bersama ketiga saudara saya Chaedar, dan Ocha.

Tak ketinggalan atraksi penyelam dalam kolam memberi makan ikan hiu turut kami saksikan pada waktu itu. Selain sebagai tempat rekreasi dan konservasi, Sea World juga memberikan unsur edukasi dan pengenalan satwa kepada anak - anak maupun putra / putri anda. Jadi tidak hanya jalan - jalan saja, tetapi memiliki nilai pendidikan juga. Mari kita mulai cerita saya disana.

***

Hari ini tanggal 17 Januari 2010 , saya bersama kedua adik berkunjung ke SeaWorld Indonesia di kawasan Taman Impian Jaya Ancol . Kami pun membeli tiket masuk ( enterance fee ) seharga , Rp.60000 / orang.


Dari pintu masuk Seaworld saya menjumpai kolam Ikan Arwana (Osteoglossum sp) , kami melanjutkan untuk berkeliling melihat - lihat biota laut. Saya tertarik dengan wahana baru ditengah kawasan SeaWorld yakni, sebuah kolam berdiameter 150 cm berisikan ikan Bandeng yang masih muda.

Kami melanjutkan 'penjelajahan' di SeaWorld Indonesia , kami melihat papan bertuliskan " Dancing Eel " dan kami memperhatikan Belut ( Eel ) tersebut menari - nari .


Kami lanjutkan lagi ke Wahana Buaya Putih , tetapi sebelum kami ke wahana tersebut kami sejenak memperhatikan , sebuah banner kecil dekat dari wahana tersebut yang bertuliskan :

Visi dan Misi Seaworld
1. Menjadi sumber pendidikan kelautan bagi masyarakat.
2. Mengajarkan pentingnya konservasi kelautan.
3. mengajarkan untuk mencintai lingkungan kita yang berharga.
4. Menyediakan hiburan yang bermutu tinggi.


Setelah itu , kami sempat menyaksikan pemberian makan seekor Dugong atau Putri Duyung atau Duyung. Seekor mamalia yang seringkali diperumpamakan seorang putri yang cantik tetapi ,ternyata dugong lebih mirip sapi dibandingkan putri.

Kami melanjutkan 'adventure' kami menelusuri Tunnel Fish , dimana kita berada disebuah akuarium besar yang terdapat banyak biota laut , terutama ikan-ikan dan karang. Kami pun melihat penyelam yang sedang membersihkan dasar-dasar tunnel .



Setelah keluar dari tunnel Fish , kami pun menuju ke Touch Pool ( Kolam Sentuh ) , dimaksudkan agar pengunjung SeaWorld Indonesia berinteraksi dengan biota Laut , yang terdapat pada touch pool ini antara lain : Bintang Laut, Teripang, Kura-Kura, dan Hiu.



Kami melanjutkan dengan melihat Museum SeaWorld Indonesia , ditempat ini berbagai biota laut yang telah menjadi bangkai diawetkan.



Dibawah ini adalah Parni , salah satu Ikon SeaWorld Indonesia yang ditemukan di Pelabuhan Ratu pada tahun 1999 , akhirnya Parni si Ikan Pari Mas dari Pelabuhan Ratu meninggalkan sobat SeaWorld pada tahun 2008 , dan akhirnya si Parni di awetkan agar dikenang selalu.


Feeding Show

Pengeras suara mengumumkan bahwa waktu makan para biota laut telah tiba , dimulai dari Kolam Hiu yang berisi beragam biota laut Karnivora ini , maka pemberi makan memasuki kolam hiu , dimana si pemberi makan dalam kerangkeng tentunya .

Dilanjutkan dengan biota Buas dari Amazon , siapa lagi kalau bukan si Piranha , ikan pemakan daging . Kita dapat melihat dari dekat proses sekawanan Piranha menyantap makan siangnya.


Wahana terakhir yang kami kunjungi adalah SeaHorse dan DragonSea , wahana ini mempunyai akuarium yang berbeda , SeaHorse adalah kuda laut yang pemalu , kuda laut ini senantiasa tidur sepanjang waktu.


Lain halnya dengan si DragonSea , biota laut yang satu ini hobby berenang kesana kemari , seperti dedaunan air . Aktifitas si DragonSea paling banyak di siang hari , dan malam hari diisi dengan memamah biak dan makan kesukaan si DragonSea yakni, Alga.

Sekian petualangan di SeaWorld Indonesia , anda mempunyai pengalaman menarik seperti saya , kirimkan ke selamatpagi@rocketmail.com , kami tunggu yahh ..

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...