Minggu, 10 Juli 2011

FORTASI Madrasah Muallimin Yogyakarta 2010


Bagikan tulisan ini ..
Tulisan ini merupakan catatan perjalanan saya ketika bersama ibu mendampingi adik saya yang mengikuti Forum Taaruf Siswa (FORTASI) yang diadakan oleh sekolahnya Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta pada pertengahan tahun 2010 lalu. Seyogyanya, sistem orientasi siswa semacam inilah yang seharusnya patut ditiru oleh sekolah lainnya.

Semoga tulisan saya kali ini memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian .

FORTASI yang adalah alternatif untuk MOS ( Masa Orientasi Sekolah ) , FORTASI merupakan singkatan dari Forum Taaruf Siswa . Belum lama ini Admin GudangMateri.com melakukan travelling ke Kota Pelajar ( Yogyakarta ) .


FORTASI yang diadakan di Madrasah Muallimin Yogyakarta tahun 2010 ini , mengangkat tema tentang " Cinta Lingkungan " , tema ini dipilih oleh panitia dimaksudkan untuk mendukung gerakan Yogyakarta Hijau Royo - Royo . Tentunya lingkungan yang semakin memprihatinkan ini patut untuk kita lestarikan dan hijaukan bersama .

FORTASI dimulai pada tanggal 12 Juli 2010 dan dimulai dengan upacara pembukaan awal tahun pelajaran 2010 - 2011 . Upacara dilaksanakan dari pukul 07.00 - 08.40 yang dihadiri oleh segenap siswa dan civitas akademika Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta . Upacara ini dibuka oleh Direktur Madrasah bapak Muhammad Ikhwan Ahada, S.Ag.

Direktur Madrasah Muhammadiyah Muallimin Yogyakarta
Muhammad Ikhwan Ahada, S.Ag.

Siswa Baru Madarasah Muhammadiyah Muallimin Yogyakarta

Para Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Muallimin Yogyakarta mengikuti
Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2010 / 2011

Civitas Akademi dan Guru Madrasah Muhammadiyah Muallimin Yogyakarta

Setelah Upacara pembukaan awal tahun pelajaran 2010 - 2011 , maka dilanjutkan dengan Taaruf antar Siswa , yang dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang ke-Mualliminan yang berlangsung dari pukul 10.45 - 11.45 setelah itu dilanjutkan dengan istirahat dan shalat dhuhur. Kemudian para siswa berkumpul di Asrama I untuk shalat Ashar dan dilanjutkan dengan pemaparan materi ke-Islaman hingga pukul 17.00 .

Penyampaian Materi kepada siswa FORTASI

Setelah materi , maka siswa FORTASI kembali ke asrama masing - masing dan shalat Maghrib berjamaah , tentunya para siswa membersihkan badan dan makan malam , setelah itu para siswa FORTASI berkumpul di asrama I dan shalat Isya berjamaah dan dilanjutkan materi ke-IPM-an yang dilakukan hingga pukul 22.00 . Dan para siswa baru kembali ke asrama masing - masing untuk bersiap hari kedua.

Pada hari ke - 2 yakni , 13 Juli 2010 para siswa bersiap untuk shalat subuh berjamaah di asrama masing - masing , kemudian para siswa makan dan mandi dan berkumpul untuk pemaparan materi ke-asramaan . Setelah itu para siswa Shalat Dhuhur berjamaah dan istirahat , kemudian kembali berkumpul di asrama I untuk shalat Ashar dan mengikuti materi kepemimpinan.

Pada hari ketiga , 14 Juli 2010 adalah hari PORSENI ( Pekan Olahraga dan Seni ) untuk siswa FORTASI , adapun lomba yang diadakan yakni , Tarik Tambang , Sepakbola , Basket , Balap Karung , dan masih banyak lagi .

Siswa FORTASI sedang mengikuti Tarik Tambang

Untuk olahraga diadakan dari pagi , kemudian jeda untuk shalat dhuhur dan ashar , dan dilanjutkan pada sore hari . Pada malam hari diadakan Pentas Seni oleh siswa baru , mereka menujukkan talentanya diberbagai bidang seni .Setelah itu dilanjutkan oleh perkenalan panitia FORTASI.

Setelah itu pada hari keempat , para siswa FORTASI melakukan kunjungan ke Candi Borobudur , para siswa berangkat dari Madrasah Muhammadiyah Muallimin Yogyakarta pada pukul 07.00 dengan mengendarai Bus Pariwisata . Armada Bus yang disiapkan mencapai 7 bus , termasuk panitia dan para peserta FORTASI.

Siswa FORTASI dan Panitia FORTASI menuju Bus Pariwisata

Bus Pariwisata menuju Borobudur

Sesampainya di Candi Borobudur , maka peserta FORTASI mendapat pengarahan dari panitia dan melanjutkan untuk berkeliling di Candi Borobudur , para peserta diharuskan memungut sampah yang dilalui selama perjalanan tour di Borobudur , hal ini dimaksudkan agar kebersihan lingkungan dapat terjaga.

Demikian Empat hari FORTASI Madrasah Muallimin Yogyakarta , semoga dapat menjadi percontohan cara Orientasi Siswa yang sopan dan mendidik . Tanpa Kekerasan dan Anarkisme , sehingga tercipta siswa yang santun dan berintelektual.

1 komentar:

Fardan Nozami Ajitama mengatakan...

keren" kok tuisan" yang terbarunya ndak keluar lagi ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...