Jumat, 22 Juli 2011

Ibuku Chef Terhebat


Bagikan tulisan ini ..
Ujungpandang, 22 Juli 2011

Ternyata ibunya Fikar itu CHEF yah ? Pasti pertanyaan itu yang terlintas di benak anda ketika membaca judul tulisan ini. Atau bahkan anda tersasar di tulisan ini karena penasaran dengan judul yang menggugah selera itu ?! Nah loo..

Saya terinspirasi menggunakan judul itu dari ungkapan kegembiraan si Ocha (adik saya yang keempat) yang berkata pada ibu "Memang, Ibu saya Chef Terhebat !". Sontak saya senyum - senyum mendengarnya, dapatkah anda bayangkan ungkapan tersebut keluar dari mulut kecil anak kelas 4 SD. Kita tahu kalau anak kecil gak mungkin bohong kan ?

Dan setelah melihat berbagai masakan yang dibuatkan oleh ibuku, pasti para pembaca sekalian akan ngiler. Bahkan kalau para pembaca juga pinter masak, maka tanpa pikir panjang gambar tersebut langsung di save dan dipraktekkan. Hehehe..

Sebenarnya tulisan ini sudah lama sekali saya mau buat, namun karena terkendala koneksi internet dalam beberapa hari lalu ditambah lagi kesibukan, maka baru saya sempat untuk menuliskannya.

Liburan adik - adik memang tak lama, terbukti sekarang mereka sudah kembali ke sekolah namun demikian setidaknya liburan mereka diisi dengan Pesta Kuliner, walaupun ibuku cukup sibuk namun di pagi hari ia selalu meluangkan waktunya berkutat di dapur dengan menu yang variatif setiap harinya.

Sejak kepulangan kami ke kota Makassar pada 2 Juli lalu, memang ibu belum bisa masak dulu karena harus mengurus rumah yang berdebu setelah beberapa bulan tidak ditinggali. Barulah tanggal 4 Juli, ibu sudah mulai mendentingkan pancinya di dapur. Tapi, karena baru menyadari masakan juga perlu di dokumentasikan, jadilah masakan yang akan saya tampilkan hanya yang sempat tertangkap kamera :)

Dan ini dia masakan ala IBUKU Chef Terhebat ..


Menu Cumi Goreng Tepung Mayonaise dan Sup Telur Puyuh ini di sajikan pada hari Jumat tanggal 8 Juli 2011. Kalau mayonaisenya seperti pada gambar diatas memakai Mayonaise dari MamaSuka dan Sup Telur Puyuh kenapa bisa berwarna putih keruh, itu karena menggunakan Susu Cap Beruang.


Sandwich, siapa yang tidak kenal makanan ini ? Tapi ibu kami memodifikasi sandwich ini dengan lebih menarik dan nikmat ! Isi sandwichnya sendiri ada selada, tomat, telur mata sapi, keju, dan mayonaise. Lezat, bukan ? . Sandwich ini menjadi menu sarapan kami pada 10, 12, dan 13 Juli.


Telur Saus Tomat dan Sup Macaroni La Fonte menjadi menu kami di hari Minggu (10 Juli). Walaupun telur menjadi menu yang biasa di Indonesia, tapi tampilan telurnya di menu ini cukup menggiurkan pembaca pastinya. Mudah kok cara buatnya ! Berminat mencoba ?


Siapa bilang buat Soto Ayam diatas ribet ? Sekarang tidak lagi ! Karena sudah ada bumbu praktis dari Indofood. Eitss.. Tunggu dulu, nggak segampang banget itu juga, masa cuman buka sachet turunin ayam masukin bumbu dan langsung jadi. Gak dong ! Masakan ini tetap ada bumbu rahasia, yaitu bumbu CINTA ^_^. Jadi kalau anda buat harus pakai cinta juga biar MAKNYUS ! (11 Juli 2011)


Kepiting Pak Toha, walaupun kepiting ini bukan ibu yang buat, tapi bumbunya mirip kalau ibu yang buat. Hehehe.. Kita makan - makan seafood ini, pas waktu pulang dari perjalanan saya pertama kali di Trans Studio. (11 Juli 2011)


Bakso ini bukan sembarang bakso, karena ini BAKSO Komplit. Rasa baksonya maknyus ! Apalagi kuahnya ramuan dari ibuku yang memang CHEF terhebat tiada dua. Jadilah Bakso yang luar biasa .. (13 Juli 2011)


Ayam Semur Kecap dan Sayur Bayam Merah, inilah menu favorit Akbar, Chaedar, dan Ocha. Namanya saja anak - anak, sukanya makan yang manis - manis, tapi yang lucunya Chaedar dan Ocha maunya paha bawah nya doang, jadinya kita yang udah 'gede' ini ngalah deh. Sayur Bayam Merah masuk dalam daftar sayur kesukaanku, kuahnya yang merah karena kena 'luntur' dari daun bayam sangat menyegarkan. (14 Juli 2011)


Ketika kami melewati pasar, ibu melihat ada penjual ikan bandeng yang besar. Akhirnya ia memutuskan untuk membeli dan mengolahnya menjadi Bandeng Bumbu Manado. Bagi anda penggemar ikan, tentunya menu ini masuk kegemaran anda. (15 Juli 2011)


Rawon, lagi - lagi Indofood mempermudah pekerjaan ibu - ibu di dapur. Kita cukup membeli daging yang sudah di potong dadu di supermarket. Dan dengan sedikit keahlian kita meramu rempah - rempah, puff.. Jadilah Rawon yang menggugah selera. (7 dan 16 Juli 2011)


Telur Ikan Terbang Kuah Santan, menu ini merupakan menu yang paling kutunggu-tunggu. Karena telur ikan terbang tidak pernah saya temui di perantauan. Jadinya kangen gimana gitu. (17 Juli 2011)


Sup Bakso Macaroni, menu ini adalah menu terakhir sebelum ibu mengantar Chaedar dan Ocha kembali ke Jakarta. Dan menu ini juga yang menjadi bekal mereka di pesawat. (18 Juli 2011)

Bagaimana pendapat anda, dengan masakan yang sudah dibuat oleh ibuku ? Mantap kan ? Saya pun sangat bersyukur kehadirat Allah SWT karena diberikan ibu yang pintar masak. Semoga beliau senantiasa diberi kesehatan dan rizqi dari Allah untuk memasakkan kami yang enak - enak. Nyummy !

10 komentar:

Lexy mengatakan...

kepiting y mauuuuuuuu..sm rawon y jg enak tuh !!

Achmad Zulfikar mengatakan...

@lexy : berhubung CHEF-nya sedang berada di tempat anda .. Langsung ajah belajar dari CHEF-nya yah ^_^

Anonim mengatakan...

wew..ngeliat fotonya aja bikin ngiler..hohoho

Achmad Zulfikar mengatakan...

@anonim : kan apa saya bilang, pasti yang baca ngilerr :)

Edmun_shreek mengatakan...

ini sambil iklan produk ya? hehehe jadi laper nih liat masakannya.. boleh dong abng nyicip

Achmad Zulfikar mengatakan...

@bang edmun : gak iklan produk kok, kali ajah ada produk yang mau ngiklanin diri saya sebenarnya itu 'maksud' terselubungnya :) boleh bang .. tapi kapan - kapan aja yah .. hehehe

aLdyputRa mengatakan...

yang namanya masakan ibu..
itu pasti mantabh mas..

:D

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mas aldy : tentulah mas :) masakan ibu gituloh .. siapa sih yang tahan godaannya masakan ibu tuh :)

tomi mengatakan...

ibu saya jg chef hebat mas.. masakannya selalu tiada tandingannya..
sama di restoran mantab masakan ibu saya hehehe

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mas tomi : hehehe.. rata2 ibu itu jago masak lohh mas :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...