Kamis, 07 Juli 2011

Kopdar Asyik bareng IdBlogNetwork-ers Jogja


Bagikan tulisan ini ..
Kopdar ini dilaksanakan pada tanggal 2 April 2011, tepatnya tiga bulan yang lalu. Sebenarnya sih Kopdar ini merupakan sosialisasi awal untuk kegiatan idBlogLicious yang akhirnya dilaksanakan pada tanggal 11 - 12 Juni 2011 di Gd. Pertanian Kampus UPN "Veteran" Yogyakarta.

Mengenang pertemuan pertama kali dengan salah satu chief director IBN yakni mbak Mubarika Darmayanti membuat saya takjub dengan idBlogNetwork yang sampai hari ini menjaga kepercayaan saya, dan kami Blogger sebagai membernya. Selamat menyimak tulisan ini..


Wah , sudah lama saya tidak berbagi di Blog ini tentang cerita menarik mengenai kehidupan malang melintang saya di Dunia Maya . Maklum sudah ada blog lain yang siap menampung curahan hati dan pikiran saya , jadi disini tempat share untuk Pendidikan saja . WAH ! Saya malah curhat . Maaf ya..

Baiklah sekarang saya mau sedikit me-resume pertemuan 'rahasia' IBN Jogja , sebenarnya sih cuman ngumpul doang dan membicarakan acara yang bakal hadir pada bulan Mei - Juni dan tentunya diadakan oleh IdBlogNetwork . Tapi pembahasan tentang itu sebentar yah , mari kita cerita satu per satu .

Rencana Kopdar ini berawal dari pembahasan acara Blogilicius di forum IBN di Facebook , tapi sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu blogilicius ?! Blogilicius yang saya maksud sebelumnya adalah acara pada bulan Mei - Juni untuk para Blogger , non-blogger ,maupun fans para Blogger yang bakal diadakan IBN .

Blogilicius 2011 , Roadshow ke-tujuh kota di Indonesia . Informasi : IBN Roadblog : Blogilicious 2011 (klik gambar untuk memperbesar)

Rencananya blogilicius ini akan dilangsungkan di tujuh kota yakni Jakarta, Bandung , Surabaya , Makassar , Medan , Palembang , dan Yogyakarta . Jadi tujuh kota ini akan disambangi oleh IdBlogNetwork dan akan mengadakan kegiatan seminar dan workshop selama dua hari .

Walaupun waktunya belum dipastikan , tapi acara ini akan pasti hadir untuk anda . Siapa saja yang boleh datang , misalnya saya mau ajak teman saya sekampung boleh gak yah ? hmm.. menurut rilis facebooknya IdBlogNetwork sih bisa - bisa saja karena , syarat - syarat dan ketentuan peserta Blogilicius adalah :

1. Blogger profesional
2. Hanya suka / hobby nge-blog
3. Gak suka ng-blog tapi suka baca blog
4. Gak suka nge-blog tapi suka ama blogger-nya (lho???)
5. Kepingin punya blog tapi ngga tau caranya
6. Kepingin tau seluk-beluk blog
7. Kepingin dapat uang dari nge-blog

Tinggal anda cocokkan diri anda dengan salah satu dari tujuh syarat - syarat diatas . Pasti deh masuk salah satunya , atau anda tertarik dengan nomor tujuhnya ?! semua orang tentu mau dong dapat uang :)

Oke setelah memberi penjelasan sedikit kita kembali ke acara Kopdar IBN Jogja , jadi setelah berbincang - bincang tentang blogilicius ternyata para founder IBN mempunyai 'rencana' sebagai pemanasan sebelum diadakannya roadtour Blog ini , yakni kopdar di beberapa kota yang bakal menjadi tempat dilangsungnya Blogilicious oleh IBN Team .

Setelah berbincang - bincang di Facebook maka para blogger IBN dari Jogja berkumpul di topik ini , untuk berembuk tempat yang tepat untuk KOPDAR. Dan setelah perbincangan yang cukup panjang dan berbelit - belit , maka ditetapkanlah Pondok Cabe dekat Mirota Kampus UGM (Jalan Simanjuntak No.418) menjadi tempat 'makan-makan' dan berbincang kita untuk blogilicius itu sedangkan waktunya ditetapkan pada hari ini (2 April 2011) pkl. 18.30 WIB.

Saya pun datang sekitar pkl. 18.45 WIB dan saya telat 15 menit . Saya pun panik dan bertanya ke petugas Pondok Cabe-nya , yang akhirnya malah bingung sendiri pas saya bilang yang reserved tempat untuk IdBlogNetwork . Karena saja saya belum kenal para punggawa IBN Jogja jadinya saya bingung . Dan akhirnya setelah galau menunggu, muncullah mbak Mubarika Darmayanti . Siapa sih mbak-mbak itu ? Pasti kalian bertanya - tanya kan ?! Mbaknya itu bukan lain adalah Founder IBN bersama mas Kukuh Tw dan mas Mochamad Farid .

Karena yang saya kenal secara spesifik dari postur dan ciri-ciri fisiknya cuman mbak Rika (panggilan akrabnya) . Maka saya langsung saja menyapa mbak Rika , awalnya sih mbak Rika agak memicingkan mata melihat saya . Tapi langsung mbak Rika menjawab Fikar yah !? Horee saya dikenal, hahaha cenat cenut waktu tau mbak Rika kenal saya , apakah ini sebuah pertanda !

Setelah ketemu mbak Rika , kami langsung bertemu dengan 3 orang kawan - kawan IBN . Setelah berkenalan dengan mereka , dua orang orang masnya ternyata berasal dari Wonosari (maaf lupa namanya ^^) , rupanya mereka jauh - jauh kemari untuk Kopdar IBN . Dan akhirnya satu persatu para punggawa IBN Jogja datang dan saling berkenalan satu sama lain , lalu mbak Rika menawarkan buku menu dan memesan makanan.

Kopdar IBN Jogja : Makan - Makan dulu di Pondok Cabe (foto selenkapnya di Album Facebook Kopdar Bareng IBN Jogja)

Setelah saya hitung - hitung dengan kalkulator ! ternyata IBN Jogja berjumlah 24 orang ditambah mbak Rika jadi 25 orang yang hadir Kopdar di Pondok Cabe ini . Dan setelah melahap makanan yang sudah dipesan , maka saatnya membicarakan blogilicius-nya .

Namun karena suasana yang tidak mendukung dan tidak nyaman (karena suara musiknya gak nahan banget alias bising) dan sebelumnya telah bebincang dengan salah satu mas Blogger yang kebetulan adalah salah satu pegawai dari institusi pemerintah , maka tempat diskusi dipindahkan ke sebuah ruangan di kantor ... (maaf saya lupa nama tempatnya , maklum blogger impor).

Di ruangan yang cukup melegakan dilengkapi dengan pendingin ruangan ini , mbak Rika lalu mengawali diskusi ini dengan bertanya kepada para Blogger yang hadir , siapa tahu ada blognya yang belum di-approve . Dan alhamdulillah semuanya sudah di approve , thanks IBN.

Sebelum pembahasan blogilicius ini , mbak Rika membuka sesi tanya-jawab antara IBN Jogja dan mbak Rika . Namun sebelum itu mbak Rika bercerita tentang pengalamannya selama di IBN . Awalnya ia bekerja sebagai marketing di sebuah perusahaan periklanan Internasional selama kurang lebih 10 tahun , bukan waktu yang singkat untuk sebuah pekerjaan tentunya anda sudah tahu betapa banyaknya pengalaman mbak Rika yang sudah makan asam garam dalam dunia periklanan Online .

Mbak Rika bertemu dengan mas Farid , dan mbak Rika bercerita banyak tentang keinginan advertiser yang sangat ingin menjalin kerjasama dengan pihak Blogger , namun mereka tidak punya kontak mereka . Akhirnya mbak Rika dan kedua founding father IBN mendirikan IBN pada bulan Agustus 2010.

Dan bulan ini (April 2011) merupakan 8 bulan sudah IBN berdiri , dan telah menyetujui 2,684 blogger dari seluruh Indonesia (update : 3 April 2011) . Namun mbak Rika pun mengakui masih banyak akun yang belum diapprove oleh IBN , karena masih melakukan proses pengecekan secara manual satu - satu blog . Hal ini tidak lain untuk mendapatkan blog terbaik dan konten berkualitas untuk memegang amanah dari advertiser nantinya .

Akhirnya ide ini tercetus dan berdirilah IBN , para advertiser melihat Blogger sebagai peluang mendapatkan informasi dan masukan untuk produk yang dirilisnya ke publik . Selain itu sikap blogger yang objektif menilai produk / jasa menjadi nilai tambah tersendiri .

Mbak Rika juga menceritakan pengalaman para advertiser yang cukup kecewa dengan hasil yang didapatkan dari beriklan di situs portal besar , namun yang didapatkan hanya sebuah impresi dan tidak ada apa - apa lagi . Namun dari job review maupun Click Per Campaign (CPC) yang ditawarkan IBN tentunya membawa inovasi baru dari dunia Periklanan Online , dimana advertiser mendapatkan banyak informasi yang dapat dianalisis dan menjadi masukan untuk produk / jasa yang akan diproduksi kedepannya .

Setelah itu sesi tanya jawab pun dimulai , banyak sekali pertanyaan terlontar dari IBN Jogja. Dari yang besar sampai yang kecil sekalipun . Yang cukup lama dibahas tentang Job Review .

Job review adalah suatu inovasi baru dari dunia tulis menulis dunia maya , dimana blogger mendapatkan tugas dari IBN dengan review sebuah produk dari perusahaan , kemudian blogger menulis tentang produk ataupun jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut lalu dilihat oleh perusahaan dan mendapat bayaran .

Bagi saya sih cukuplah untuk bayar uang 3 bulan dari sekali review. Namun review ini tidak diberikan kepada sembarang orang , tim IBN akan melakukan 'penjaringan' bagi blogger - blogger yang kompeten dengan target mengena yang diinginkan oleh perusahaan yang mengajukan tersebut . (saya pun belum pernah dapat job review , bersabar menanti)

Sedangkan blogger secara umum dikategorikan pada tiga kategori oleh IBN , hal ini dilakukan pada saat pendaftaran untuk menentukan segmentasi atau targeting sebuah blog . Ketiga kategori tersebut antara lain : Anak Muda P/W berumur antara 17-22 tahun , Wanita / Karir/Ibu rumah tangga berumur 21-45 tahun , dan Eksekutif professional / Pengusaha P/W berumur 25-45 tahun ke atas (courtesy : idblognetwork.com) .

Kemudian hal menarik lainnya yang dikemukakan mbak Rika tentang IBN adalah basis IBN bukan hanya pendekatan secara dunia maya , namun juga pendekatan secara personal antara blogger dan IBN . Jadi IBN ibarat membuat keluarga besar yang terdiri dari blogger dari sabang sampai merauke . Hal ini diakui oleh mbak Rika , bahwa blogger yang tergabung di IBN sudah mencakup seluruh daerah di Indonesia .

Kembali lagi ditegaskan mbak Rika , bahwa IBN tidak pilih kasih untuk pemberian Job Review , salah satu blogger menanyakan bagaimana kalau job review dibagikan berdasarkan wilayah , misalnya wilayah Jogja , wilayah Jakarta , dsb .

Namun mbak Rika tidak setuju dengan dasar tersebut , karena sebuah perusahaan tidak melulu target terhadap daerah/region , tetapi pada segementasi blog . Bahkan IBN telah membagi tiga kategori tersebut menjadi sub-kategori yang dikelompokkan oleh Kukuh Tw sehingga mencapai 50 sub-kategori , misalnya Gudang Materi masuk ke kategori Anak Muda P/W berumur antara 17-22 tahun dan sub-kategorinya adalah Blog Pendidikan . Dan tentunya masih banyak lagi pengkategorian , misalnya blog Gadget , Teknologi , dll.

Mbak Rika membeberkan sedikit sistem Marketing IBN , jadi job review tidak diberikan pada sembarang orang (seperti yang saya telah katakan sebelumnya) . Mas Kukuh Tw akan melakukan pemilahan blog dengan kategori yang diinginkan oleh perusahaan atau advertiser , kemudian muncullah list Blogger yang akan dipilih oleh advertiser .

Disamping itu seringkali tim IBN utamanya mbak Rika mengupdate informasi seputar job review dan lain - lain tentang IBN di Forum Diskusi IBN di Facebook untuk 'menjaring' blogger dengan kategori tertentu sesuai dengan targeting advertiser / pengiklan .

Setelah dikumpulkan maka diajukan ke advertiser untuk dilihat , dibandingkan , dan dipilh , kemudian setelah terpilih , maka diumumkan kepada para Blogger terpilih kemudian para blogger yang dapat review diberikan TOR dan guideline job reviewnya . Cukup panjang juga penjelasan mbak Rika ini .

Tapi sayangnya , seringkali ada Blogger 'nakal' yang tidak mematuhi aturan yang telah didapatkan untuk menjalankan job Review , akibatnya bukan hanya pada satu blogger saja , tetapi berakibat juga pada blogger yang mendapat review sama dengan anda .

Dan akibat fatalnya akan berakibat pada penundaan pembayaran , yang tentunya akan membuat marketing IBN mendapatkan PR baru . Ini dia poin - poin yang harus diperhatikan antara lain point 12, 13, dan 14 dari Term Of Service IdblogNetwork :

12. Apabila mendapat pekerjaan review, Blogger bersedia menurunkan banner/iklan yang mengandung iklan dengan materi dewasa.
13. Apabila mendapat pekerjaan review, Blogger bersedia tidak menurunkan artikel posting tentang review yang dikerjakan.
14. Apabila mendapat pekerjaan review, Blogger bersedia tidak menggunakan floating script.

Saya melihat idblogNetwork , IBN akan selalu merangkul para blogger untuk bekerjasama membangun jejaring iklan dunia maya yang tepat sasaran dan berkualitas . Karena pada dasarnya dasar yang kokoh untuk sebuah kepercayaan adalah rasa kekeluargaan bukan terkait uang dan harta . Rasa saling memiliki itu yang penting , bukan begitu ?

Setelah sesi tanya jawab selesai , mbak Rika langsung masuk ke penjelasan Blogilicius . Mbak Rika memberikan sedikit banyak gambaran untuk konsep acara ini , dan sebelumnya pun saya sudah jelaskan secara umum tentang konsep acara ini , namun sekarang akan lebih kepada teknis acara .

Acara blogilicius ini akan menghadirkan delapan pembicara termasuk moderator , yang akan membicarakan delapan topik , antara lain : Penulisan Artikel , SEO , Buzz Marketing , Bisnis (monetize blog) , Design , Security , dan tentang IBN .

Dan konsepnya adalah seminar dan workshop , yang berarti acara ini akan diadakan selama dua hari . Dan akan menghadirkan seorang keynote speaker sekaligus pembicara lokal yang berasal dari wilayah tempat diadakannya blogilicious ini , dan tentunya Jogja akan menghadirkan blogger yang dahsyat (namun belum menentukan orangnya , mungkinkah saya *_*) .

Selain itu acara Roadshow Blog ini (blogilicius) tidak hanya sebagai acara seminar dan workshop saja , melainkan ajang silaturahmi dan KOPDAR namun dengan konsep acara yang fun dan happy . Seperti yang diungkapkan IBN pada rilis Blogiliciusnya :

"Tujuan diadakannya Blogilicius ini , agar lebih mempererat tali silaturahmi dan juga untuk membagi visi-misi IBN ke depannya . Bila anda bertanya , Mengapa Blogilicious? Karena Cita-citanya dengan IBN, nge-blog jadi lebih " FUNKY- berSTYLE dan DELICIOUS (hasilnya)." Sudah cukup jelas , bukan ?

Selain itu dalam roadshow ini jugalah , para Blogger yang sebelumnya belum diapprove dari IBN akhirnya akan diapprove dan bergabung dengan IBN . Sebenarnya untuk di approve mudah kok caranya , anda cukup email ke salah satu email berikut ini : co-admin@idblognetwork.com atau support@idblognetwork.com dan silahkan tanyakan perihal anda belum di-approve , mungkin ada sesuatu hal yang perlu anda tahu dan benahi . Be Positive Thinking ! IBN baik kok orang - orangnya , really ?! Yes of course..

Sedangkan target peserta sekitar 100 - 200 orang dengan kriteria yang sudah saya beritahu sebelumnya . Untuk tempatnya setelah mengambil beberapa referensi dari kawan IBN Jogja , dan akhirnya disepakati akan diadakan di JEC (Jogja Expo Center) Lt.2 . Namun untuk venue (tempat) dan segala keperluannya nantinya akan diurus oleh EO (event organizer) yang ditunjuk oleh pihak IBN .

Setelah pembahasan selesai , saatnya sesi foto bersama . Foto bersama ini nantinya akan ditandingkan dengan KOPDAR Blogger IBN di kota lain , semoga kita yang terbanyak :)

Foto bersama IBN Joja (foto : Istimewa , Facebook IdblogNetwork)

Pada intinya IdBlogNetwork ingin membangun sebuah sistem yang memadukan antara nilai kekeluargaan , dan nilai pendapatan . Dimana kita dapat duit , tapi kita tetap basodara . Sebuah perjalanan panjang mbak Rika dari Jakarta ke Yogyakarta , namun semua itu ditempuh untuk bertatap muka dengan IBN Jogja yang lucu dan imut (pada kenyataannya saya blogger yang terlihat paling muda , karena rata - rata umur yang ikut KOPDAR umurnya sudah tua ^_^V).

2 komentar:

muhaiminabd mengatakan...

Waah... keren juga tuh acara... Penulisannya juga keren brow... Enak dibacanya....

mampir ke http://muhaiminabd.blogspot.com juga yaah...

bisnis tiket pesawat mengatakan...

wah boleh juga nih acaranya,..
sukses wae lah.
ok2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...