Kamis, 14 Juli 2011

Liputan COMPFEST UI 2010


Bagikan tulisan ini ..
Liputan ini saya buat ketika mengikuti kegiatan Computer Festival (COMPFEST) 2010 yang kala itu diadakan di Gd. UKM SMESCO di Jl. Gatot Subroto. Kegiatan tahunan ini memang selalu menjadi ajang baik siswa maupun mahasiswa untuk unjuk kebolehan di berbagai event yang diselenggarakan.

COMPFEST 2010 memberikan cerita tersendiri buat saya. Kala itu saya memperoleh Juara III pada perlombaan Blog dengan artikel yang saya ikutkan adalah Mengembangkan Industri Kreatif berbasis Teknologi di Indonesia yang saya posting di Gudang Materi. Selamat menyimak tulisan saya ini.

Day 1

Hmm.. Kali ini Fasilkom UI atau yang dikenal Computer Science UI mengadakan acara di SMESCO pada tanggal 8 - 9 Mei 2010 !

Welcome to COMPFEST 2010 ( entrance )

Registrasi Masuk COMPFEST 2010


Hari ini merupakan hari pertama diadakannya COMPFEST 2010 . Dimulai jam 10.00 diadakan pembukaan acara oleh Menteri Komunikasi dan Informasi oleh Bapak Tifatul Sembiring , kemudian dilanjutkan dengan acara seminar Oracle yang dibawakan oleh Bapak Hanson Hutabarat , yang membawakan materi Oracle Bussiness Process Management ( OBPM ) yang dapat memudahkan kontrol terhadap suatu proses bisnis yang sedang berjalan , maupun bisnis yang baru di rintis dan memperkenalkan produk terbaru Oracle yakni, Oracle 11g yang berbasis Java Development Application.

Setelah seminar pertama kemudian dilanjutkan penampilan Band Asciipella , dan dilanjutkan kembali dengan seminar berikutnya yang dibawakan oleh Billy Boen yang membahas Peranan Generasi Muda dalam Pengembangan Informasi dan Teknologi.

Pembahasan yang sangat menarik dari beliau dan inspiratif memberi peserta wawasan dan pandangan terhadap industri kreatif khususnya dalam bidang Teknologi .

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan Band SummerJam dan Pemutaran Video Nominator Video Contest COMPFEST 2010 . Acara kemudian dilanjutkan dengan Seminar yang dibawakan oleh James Michael Edward dari Digital Alliance yang membahas mengenai perkembangan dari Grafis pada penggunana Teknologi . Beserta pemaparan perkembanga Game saat ini yang merupakan pasar yang besar dan menjanjikan disertai peragaan (demo) dari Game yang menggunakan PhysicX dan Non PhysicX beserta perkembangan dari DirectX 8 - 9 - 10 - 11 , yang merupakan seminar yang menarik dan inspiratif.

Setelah seminar ini dilanjutkan dengan penampilan band Audisi dari Axeo yang beraliran Rock Alternatif dan dilanjutkan dengan pemutaran Video yang menceritakan bahwa jangan mencontoh budaya orang lain , dengan durasi yang sangat singkat.

Kemudian Seminar berikutnya dilanjutkan oleh Purwanto Hasan , Founder dari Beoscope.com dengan judul seminar Video 2 hingga 3 tahun kedepan . Pak Purwanto memberikan alternatif kepada para pembuat Video untuk me-monitize Videonya dengan mencari sponsor dalam pembuatan videonya. Dan memberikan pemaparan betapa Video tersebut memberikan berpuluh ribu makna dibandingkan dengan sekedar Gambar ! Video dapat memberikan efek yang sangat besar kepada orang yang melihatnya !

Diselingi oleh penampilan My Band , kemudian dilanjutkan dengan Seminar yang dibawakan oleh Wahyu Aditya yaitu Fouder dari HelloMotion dan KDRI.com , kakak Waditya membawakan seminar mengenai Cara untuk mengembangkan Kreatifitas , kakak mulai menceritakan masa kecilnya yang sangat mencintai dunia gambar , kemudian di tindak lanjuti secara bijak sehingga sekarang dapat menjadi Pemuda yang berhasil dan kreatif. Peserta tercengang memperhatikan kakak Waditya memberikan presentasi apalagi , banyak ditampilkan Animasi yang sangat inspiratif dan mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita. Seperti , Tahi Sapi atau Bukan , dan Bahaya Dangdutan ! Inilah yang disebut Pemuda Kreatif.

Kemudian setelah presentasi dari kakak Waditya dilanjutkan dengan Awarding Peserta Programming :

Juara III : SMA N 1 Depok
Juara II : SMA dari Cirebon
Juara I : SMA dari Denpasar

Setelah Awarding Programming dilanjutkan penampilan SOULFLOU dan setelah itu pengenalan Produk Microsoft terbaru yakni , Microsoft 2010 yang diperkenalkan oleh Haswar Hafid - Product Marketing Manager Microsoft Indonesia !

Demikian Liputan hari Pertama COMPFEST 2010 , jangan lewatkan COMPFEST hari kedua 9 Mei 2010 masih tetap di Gedung SMESCO keep update and Play Your Idea ! Foto - foto dokumentasi dari Acara COMPFEST 2010 dapat dilihat di link berikut : http://www.facebook.com/album.php?aid=24017&id=117752271568173

Day 2

Hari Kedua COMPFEST 2010 tepatnya 9 Mei 2010 merupakan hari kedua pelaksanaan perhelatan akbar yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia . Setelah acara COMPFEST 2010 pada hari pertama yang cukup meriah ! untuk hari kedua terlihat agak senggang . Tetapi , antusiasme panitia masih terlihat pada pancaran semangat dan optimisme.

COMPFEST 2010 hari kedua dimulai dengan presentasi dari Riki Arief Gunawan dari Badan Riset dan Teknologi Kementrian Komunikasi dan Informasi . Beliau membahas mengenai Hak Kekayaan Intelektual dalam lingkup Industri Kreatif.


Dalam pembahasan bapak Riki Arief Gunawan memaparkan mengenai mekanisme dalam memberi hak Paten / HAKI terhadap Industri Kreatif . Beliau lebih membahas mengenai penggunaan Open Source di dalam pemerintahan untuk mengefisienkan penggunaan dana pemerintah .

Dan beliau mengajak mahasiswa dan peserta COMPFEST 2010 untuk menggunakan barang Original dan hentikan pembajakan terhadap software, lebih baik menggunakan Open Source dan menghormati HAKI programmer software tersebut.

Setelah seminar HAKI dalam Industri Kreatif oleh Riki Arief Gunawan dilanjutkan dengan Seminar oleh James Bernanto yang membahas mengenai Penerapan IT dalam Lingkungan Kerja , beliau menjelaskan betapa pentingnya seorang IT dalam lingkungan kerja . Namun , kadangkala beberapa masalah sulit diatasi .

Beliau memberikan ilustrasi sebuah software itu untuk membantu orang , sedangkan jika software malah mempersulit pekerjaan . Maka , software itu tidak berhasil dalam arti kata Gagal.

Seminar ketiga pada hari kedua COMPFEST 2010 , dibawakan Leon Alva Edison dari Tokopedia.com . Beliau membagikan pengalamannya dalam membangun Tokopedia bersama tim nya . Dan Tokopedia sebagai website E-Commerce menghadapi berbagai tantangan baik dari Costumer maupun Seller. Tantangan itu bukan memupuskan semangat Pak Leon dalam mengembangkan Tokopedia.

Seminar terakhir dibawakan oleh Rizky Arbali dari EMAX ( Apple Inc. ) memamparkan materi mengenai perkembangan dan pengalaman bersama EMAX dan ditengah presentasi pak Rizky dibagikan iCreate Magazine sebuah majalah yang mengupas isi dari Machintos OS dan Apple Product.

Setelah rampung semua seminar COMPFEST 2010, acara selanjutnya adalah pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba yang telah dilaksanakan dalam rangkaian acara COMPTEST 2010 ! Dalam awarding night ini, saya turut menerima penghargaan sebagai pemenang juara III Blog Competition COMPFEST 2010. Saya mendapatkan Rp.250.000 beserta paket hosting dari Qwords.com.

Ucapan terima kasih kepada panitia COMPFEST 2010, Qwords.com beserta Sponsor lainnya.

Tulisan ini merupakan ucapan terima kasih kepada QWORDS.com yang telah mengapresiasi permintaan saya . Berawal dari mendaftarkan Tulisan saya di Blog Competition COMPFEST 2010 dengan judul Mengembangkan Industri Kreatif berbasis Teknologi di Indonesia.

Hadiah dari Lomba Blog tersebut pun cukup menggoda untuk para Blogger dengan Juara I mendapatkan 750rb dan Hosting di QWORDS.com , Juara II 500rb dan Hosting di QWORDS.com dan Juara III mendapat 250rb dan Hosting di QWORDS.com. Awalnya tidak terlalu berharap menang dalam kompetisi COMPFEST 2010 ini , tetapi optimisme selalu mengiringi jalanku untuk terus berkreasi dan menulis di Blog . Akhirnya pada tanggal 7 Mei 2010 , pihak panitia menghubungi saya via email dan telepon . Bahwa , saya salah satu nominator dalam Blog Competition , harap - harap cemas sih karena , nominator belum tentu finalis.

Tapi saya tetap optimis , pada malam awarding COMPFEST 2010 tepatnya 9 Mei 2010 di Gedung SMESCO , pemenang Blog Competition diumumkan dan pemenang lainnya. Dan akhirnya tulisan saya Mengembangkan Industri Kreatif berbasis Teknologi di Indonesia meraih juara III.

Sebuah kesyukuran , karena baru kali ini lagi saya memenangkan kompetisi Blog , walaupun sudah sering mengikuti tetapi belum berhasil. QWORDS.com sebagai sponsor Blog Competition memberikan hadiah berupa paket Hosting , saya pun mengapresiasi hadiah tersebut , tetapi saya request untuk hadiahnya di tukar saja dengan Paket Perpanjangan Domain dan akhirnya di approve.

Saya memperpanjang kontrak domain GudangMateri.com karena , berkat blog ini pun saya dapat meraih Juara III ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia COMPFEST 2010 dan sponsor yang telah berkontribusi sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar.

1 komentar:

Perusahaan Konveksi Seragam mengatakan...

Qwords adalah perusahaan penyedia hosting terbaik di Bandung.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...