Jumat, 15 Juli 2011

Liputan Hari Kedua IT Camp 2010


Bagikan tulisan ini ..
Tulisan ini merupakan bagian kedua dari Liputan IT Camp 2010, untuk liputan sebelumnya silahkan klik Liputan Hari Pertama IT Camp 2010. Hari kedua kami di TNGHS Gunung Bunder Bogor merupakan hari terakhir dari acara ini. Banyak suka duka yang telah kami alami di acara ini. Simak kisahnya :

Jalan Ke Air Terjun "Curug Ngumpet"

Jadwal panitia IT Camp 2010 bahwa pada pukul 07.00 - 08.30 para peserta akan Jalan - Jalan Pagi ke Curug Ngumpet untuk menyegarkan pikiran . Diluar perkiraan panitia , setelah para peserta IT Camp 2010 , subuh tadi menonton pertandingan bola memperebutkan Juara III Piala Dunia antara Jerman dan Urugay . Maka banyak para peserta yang masih tertidur di kemah masing - masing.

Curug Ngumpet berada di Kawasan Wisata Kawah Ratu

Panitia IT Camp 2010 sempat panik ketika para peserta belum berkumpul sesuai jadwal , dan akhirnya pada pukul 09.00 WIB peserta barulah banyak berkumpul , dan bersiap untuk ke Curug Ngumpet.Dalam persiapan ke Curug Ngumpet peserta hanya membawa barang seadanya dan para peserta IT Camp 2010 mulai menuju ke Tronton untuk menuju Curug Ngumpet.

Peserta IT Camp 2010 dengan Tronton menuju Curug Ngumpet

Kawasan Curug Ngumpet merupakan kawasan eksotis yang menawarkan keindahan air terjun dengan air yang segar dari Gunung Salak . Air terjun ini merupakan objek wisata yang tentunya dapat membuat jiwa kita menjadi sejuk dan tenang. Kawasan ini cocok untuk orang - orang yang sedang ingin menyendiri dan menenangkan diri.

Curug Ngumpet - Kawah Ratu

Untuk menambah wawasan kita dan menambah cakrawala informasi kita , dibawa ini telah diapaparkan mengenai Curug Ngumper dan sebagai tempat tujuan kita kali ini :

Curug Ngumpet memiliki ketinggian lebih kurang 45 meter, dengan panorama alam yang indah dan asri. Untuk menuju ke obyek wisata ini, dapat ditempuh dengan jarak lebih kurang 38 km dari Bogor. Jika dari Desa Gunung Sari dapat ditempuh dengan jarak lebih kurang 9 km yang dilan-jutkan jalan setapak lebih kurang 200 meter.

Setelah perjalanan yang cukup jauh dari Bumi Perkemahan TNGHS Gunung Salak menuju ke Curug Ngumpet , akhirnya kami sampai ke tempat wisata air terjun ini , kami disambut dengan papan selamat datang di Wisata Kawah Ratu.

Adapun Kawah Ratu berada di kawasan GSE pada ketinggian 1.338 m Dpl, dengan suhu berkisar 10-20 derajat C. Kawah ini memiliki daya tarik yang unik bagi setiap pengunjung, yaitu dengan aktivitas geologinya. Sepanjang hari kepundan selalu mendidih dan mengeluarkan gas alam Sulfat (H2S) dengan baunya yang khas, dan tekadang mengeluarkan suara gemuruh, akibat semburan uap air panas yang membentuk kabut.

Di Air Terjun Curug Ngumpet ini para peserta IT Camp 2010 bersama berfoto untuk diabadikan . Termasuk Admin GudangMateri.com.


Peserta IT Camp 2010 bersama Onno W Purbo ( tengah ) dan Panitia IT Camp 2010

Beberapa peserta menyempatkan diri untuk berfoto bersama Onno W Purbo , termasuk penulis yang menjadi salah satu fans Onno W Purbo di Facebook.


Onno W Purbo bersama Achmad Zulfikar ( Admin GudangMateri.com )

Di Curug Ngumpet ini pun air nya bersih , karena berasal dari Gunung Salak , keindahan alam yang tidak dilukiskan dengan kata - kata . Sangat nikmat menghirup udara yang segar di pegunungan dengan nafas lega tentunya paru - paru kita akan menjadi bersih.

Wisata pagi di Jurug Ngumpet berakhir sudah, para peserta terlihat kembali menuju mobil tronton. Dan kami pun sarapan dulu di tenda, kemudian acara dilanjutkan lagi dengan presentasi oleh Rainer Server.

Presentasi Rainer di IT Camp 2010

Rainer yang merupakan salah satu sponsor dari IT Camp 2010 , menyempatkan diri untuk memberikan pengenalan server kepada peserta IT Camp 2010 , setelah makan pagi maka Rainer Axioo memberikan materi mengenai Arsitektur Server . Dimana pada pemaparan kali ini peserta IT Camp 2010 akan diberikan kesempatan untuk mempraktekkan dan melihat server yang sebenarnya setelah presentasi dari Rainer.


Dalam pembahasan Rainer yakni Arsitektur Server , pertama yang diperkenalkan adalah pengertian " Server " merupakan komputer induk dari semua komputer yang terhubung pada jaringan yang menangani pengolahan, pendistribusian dan penyimpanan data secara terpusat.

Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Chasis Server , dan yang pertama dikenalkan adalah Pedestal Server yakni Chassis server yang memiliki bentuk mirip degan PC desktop. Biasanya memiliki banyak ruang untuk hard disk.

Lalu Rackmount yakni , Chassis berbentuk pipih horizontal dan dapat disusun pada rak atau lemari khusus . Biasanya Chasis Rackmount dipasang pada rack khusus server. Dan mempunyai ketebalan yang berbeda - beda sesuai kebutuhan , 1U merupakan ketebalan atau ketinggian dari chassis rackmount 1U sama dengan 1.75” atau sekitar 44.5mm

Selain Rackmount ada juga Modular dan Blade Server yang mempunyai kemiripan , tapi sebenarnya berbeda , adapun pengertiannya sebagai berikut :

Modular Server terdiri dari beberapa modul server seperti : Compute module, Storage Control Module, Mnagement Module dsb.

Blade Server merupakan Server pipih yang dipasang secara vertikal pada kabinet khusus ( high density server)

Setelah pengenalan server maka , selanjutnya Rainer juga membahas mengenai Procesor Intel yang tentunya sangat vital dalam komputer yang kita gunakan sehari - hari , bukan hanya komputer , barang - barang digital lainnya juga tentunya membutuhkan prosesor. Tetapi dalam bahasan kali ini , tentunya masih berhubungan dengan Server , yakni bagaimana untuk memilih prosesor untuk Server .

Seperti yang kita tahu bahwa , Processor merupakan otak dari sebuah komputer dan juga sering dikenal juga sebagai CPU (Central Processing Unit) . Dan untuk Komputer Server, processor didesain untuk menangani kerja berat dalam waktu 24 jam x 7 hari (non stop).

Dari Rainer menyarankan untuk komputer Server untuk menggunakan Intel® Xeon® Processor 5500 adapun keunggulan dari prosesor yang satu ini antara lain :

Integrated Power Gates : Fitur ini mengijinkan 'Idle Core' mengurangi konsumsi power hingga mencapai 0 setiap corenya

Automated Low Power States : Fitur ini mengijinkan pemakaian power yang lebih rendah tergantung dari Load

Power gating
Zero power for inactive cores

Turbo boost technology
In response to workload adds additional performance bins within headroom cores

Keunggulan lainnya dari Prosesor , Intel Xeon Processor 5500 adalah Smart Cache yakni :

Cache merupakan tempat penyimpanan data yang sering diakses oleh processor. Cache terdapat dalam processor.

Processor dengan cache besar memiliki lebih banyak keuntungan dalam menjalankan game, multimedia dan aplikasi lainnya.

Smart cache mengijinkn masing-masing core secara dinamis untuk menggunakan cache hingga 100%.

Setelah membahas mengenai pengenalan Server dan cara memilih Processor , maka salah satu hal vital pada server adalah Memory dari Server tersebut , adapun Varian Memory berdasarkan fungsinya :

ECC (Error Corection Code). ECC merupakan fitur memory yang berfungsi untuk mengecek kesalahan bit – bit data yang masuk ke RAM memory

ECC Register. Merupakan RAM ECC yang memiliki IC register. Yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dala penanganan transfer data skala besar.

FBDIMM (Fully Buffered DIMM). Merupakan RAM DDR2 yang memiliki banwidth 3x lipat dibanding yang lainnya ( mencapai 21GB/s).
Untuk FBDIMM didesain khusus untuk server chipset 5000. Dikembangkan untuk menaikan speed dan kapasitas maksimum DDR2. Untuk itu maka FBDIMM dibuat komunikasi antar modulnya dan memory controller adalah serial sehingga pengkabelan lebih sedikit dan bisa menambah jumlah channel.

Selain itu , dari Rainer pun memberi kita informasi cara perhitungan Bandwith RAM pada server 5000 chipset yakni :

Bandwidth = FSB (Mhz) x Lebar Data (8 Byte)


DDR2 FBDIMM dengan PC 5300 ( 667Mhz ) berarti memiliki tansfer rate 667Mhz x 8 Byte = 5336 MB/s, maka dari itu di psaran secara fisik memori ditulis PC 5300

Untuk Dual channel maka bandwidth memori dikalikan dua, sehingga memori yang memilki bandwidth 5336 Mhz ( PC5300 ) akan mempunyai bandwidth 2x 5336MB/s = 10672 MB/s

Untuk mendapatkan maksimum konfigurasi sehingga didapatkan bandwidth maximum maka perlu disamakan bandwidth processor dengan bandwidth memory. Untuk perhitungan bandwidth processor sama dengan memory FSB x 8Byte.

Processor dengan FSB 1333 Mhz memiliki bandwidth 1333Mhz x 8 Byte = 10664 MB/s. Maka diperlukan memori PC5300 dengan konfigurasi dual channel

Setelah Memory Server dibahas , maka selanjutnya mengenai Harddisk dan RAID . Tetapi , materinya susah untuk dituliskan disini jadi sekian dulu . Thanks buat Rainer yang sudah berbagi materi dengan kami peserta IT Camp 2010 . Setelah presentasi ini pada saat ISOMA Rainer akan membuka Klinik Server di tengah perkemahan , sepertinya menarik .

Adi Nugroho Wireless Hacking

Setelah presentasi mengenai pengenalan Server dari Rainer , kemudian dilanjutkan pembahasan materi oleh Adi Nugroho dari Yogyafree . Materi yang dipaparkan membicarakan seputar Wireless Hacking .


Dalam pembahasan Adi Nugroho , tentunya memberikan peserta informasi mengenai cara hacker menjebol wireless , dan tentunya bagi peserta yang menjadi seorang admin , perlu memperhatikan bug yang telah dipaparkan oleh Adi Nugroho , tentunya pengalaman beliau dapat menjadi pembelajaran bagi kita , baik yang ingin menjadi Hacker ataupun yang ingin melindungi diri dari Hacker.


Penyerahan Sertifikat sebagai Pemateri oleh Kang Onno W Purbo , maka acara IT Camp 2010 untuk jaringan dasar .

Klinik Rainer Server IT Camp 2010

Rainer adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan server , dan merupakan sponsor dari IT Camp 2010 . Rainer membuka stand Klinik Server untuk memberikan penjelasan kepada para peserta IT Camp 2010 , klinik ini dibuka di tengah perkemahan dan diperlihatkan lah server yang telah dipaparkan pada saat presentasi Rainer mengenai server di IT Camp 2010 .


Rainer memberikan gambaran nyata kepada peserta IT Camp 2010 , bagaimana server itu disusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan saling melengkapi antara satu sama lain . Tentunya peserta IT Camp 2010 banyak yang penasaran akan penyusunan server yang telah dijelaskan pada saat presentasi . Di klinik server Rainer inilah implementasi dari presentasi tersebut diwujudkan.


Klinik Server ini hanya berlangsung sebentar saja sehingga banyak peserta yang antusias tetapi tidak dapat mengikuti semua klinik , pelatihan , dan pengarahan di sela- sela ISOMA yang hanya sebentar ini. Dari pihak Rainer sendiri , cukup senang dengan antusias para peserta IT Camp 2010 , apalagi yang sudah bertanya pada saat sesi presentasi , mereka tentunya senang mengikuti Klinik Server Rainer .

***

Setelah ISHOMA maka acara dilanjutkan dengan materi Hacking menggunakan Backtrack yang dibawakan oleh Onno W. Purbo, karena saya tidak mengerti materi ini jadi saya tidak banyak mencatat dan lebih banyak mendengar saja. Akhirnya setelah materi ini saatnya pulang, sebelum pulang ada pembagian doorprize.

Foto bersama menjadi momen paling 'berantakan' karena semua muka mau masuk frame foto jadilah seperti ini:


Tentunya disamping kita pulang ke rumah masing - masing dapat ilmu, kita juga mendapatkan sahabat baru dan tentunya pengalaman yang tak terlupakan.

Kembali ke Liputan Hari Pertama IT Camp 2010 ..

8 komentar:

Imam mengatakan...

Pernh dapt info dari Fb-nnya pak Ono..
jauh dan gak bisa ikut..

TpBaru tau berita-nya sekaranag..

tomi mengatakan...

wew.. ini berarti thn lalu mas?
thn ini apakah akan dilakukan? jadi pengeeenn...
saya dl pernah ikut seminar pak Purbo mengenai VOIP

Zippy mengatakan...

Wih..asik banget ya.
Keren tuh, apalagi bisa ketemu Kang Onno :D
Itu air terjunnya juga mantep abis mas, bikin mupeng pengen kesana :D

Guusn mengatakan...

kunjungan perdana, enak banget mas bisa jalan2, refreshing dengan para blogger.

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mas imam : iya mas imam, kalau mau dapat info kegiatan yang dilakukan pak Onno cek FB-nya saja .. Emang sih kegiatannya biasanya di daerah Bogor .. tapi asik kok :)

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mas tomi : tahun ini juga diadakan kok mas IT Camp 2011, dan lokasinya di TNGHS Gunung Bunder Pondok Puspa TAPI sudah lewat acaranya, tanggal 9 - 10 Juli lalu ^_^

kalau ikut seminar pak Onno dijamin pengen ikut lagi, karena pak Onno g seperti pembicara lain, beliau sangat welcome dengan peserta bahkan kalau tanya lewat pagenya insya Allah dijawab kok .. hihihi

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mas zippy : iya mas, waktu itu memang seger banget airnya ,, tapi sayangnya g bisa renang karena masih ada acara lagi setelah ke curug ngumpet :) bisa kok kesana ajah kalau pengen.. tapi agak jauh sih tempatnya..

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mas guusn : kalau dalam acara ini g semuanya blogger mas, berhubung saya Blogger jadi saya nulis untuk catatan perjalanan ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...