Kamis, 07 Juli 2011

MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011::Berbagi Ilmu dengan Blog


Bagikan tulisan ini ..
Tulisan ini saya buat ketika mencoba berpartisipasi dalam ajang Microsoft Bloggership 2011, dimana saya menjadi inspirator bagi pengembangan blog berbasis edukasi (www.gudangmateri.com) sejak tahun 2009 yang hingga kini saya tetap kelola. Lomba ini saya ikuti pada pertengahan Desember 2010, berdasarkan tanggal publikasi di blognya yakni 13 Desember 2010.

Namun mungkin karena banyak saingan yang juga mempunyai kisah yang lebih menginspirasi dari saya, maka harapan untuk setidaknya menjadi finalis kandas sudah. Tetapi kekalahan ini tidak membuat saya patah semangat, dan tetap optimis untuk melakukan yang terbaik. Selamat menyimak tulisan ini.


Menjadi seorang Edukator di Dunia Maya tidaklah mudah , dimana kita bertemu orang - orang yang 'kasat mata' . Hal ini yang saya alami menjelang setahun kiprah Blog ini di Dunia Maya . Blog yang saya beri nama Gudang Materi merupakan blog yang mewakili keinginan saya untuk berkontribusi dalam bidang Edukasi dan pembelajaran siswa.

Sedikit bercerita awal berdirinya blog ini , yakni dari sebuah Blog sederhana yang saya buat untuk menjadi penyimpanan materi - materi pelajaran SMA , karena saya pikir akan lebih awet jika saya simpan di Blog . Lama tak mengutak - atik blog saya , ketika saya membuka Blog tersebut saya terperangah dengan jumlah pengunjung yang mencapai 3000 orang dalam waktu 2 bulan saya tidak membuka Blog saya .

Akhirnya , saya kembali menekuni bidang tulis menulis dunia Maya ini , ditambah lagi dengan waktu senggang yang tentunya dapat saya isi dengan sesuatu yang bermanfaat . Maka timbullah keinginan untuk mengembangkan Blog saya menjadi lebih fresh dan lebih menarik (baca : Sejarah Gudang Materi) . Setelah berpikir cukup panjang untuk mencari nama yang cocok untuk Blog saya ini , maka terbersit ide dengan istilah Gudang Materi .

Tanpa pikir panjang , pada saat ide itu muncul maka saya mengganti nama Blog dengan http://gudangmateri.blogspot.com dengan slogan : Berbagi Ilmu dengan Blog . Akhirnya , kiprah Blog ini semakin bersinar dari waktu ke waktu . Dengan pengunjung yang semakin bertambah, didukung dengan interaksi saya dengan pengunjung yang mengajukan pertanyaan . Pada awal Maret 2010 , saya mengubah domain Blog ini dari .blogspot.com menjadi .com .

Semangat untuk berbagi pun semakin berkobar , tiap hari ada saja postingan yang saya upload ke Gudang Materi . Awalnya cuman sedikit demi sedikit dari tugas - tugas yang telah saya buat waktu SMP dan SMA . Kemudian melanjutkan mengupload bahan - bahan kuliah , dan akhirnya mengambil beberapa referensi dari blog - blog kawan sebagai materi tambahan.

Adapun sosialisasi yang saya lakukan untuk mengundang orang - orang berkunjung , dengan sosialisasi langsung , dan via Facebook. Alhmadulillah , kini pengunjung yang bertamu ke Gudang Materi telah mencapai 2000an orang per hari .

Selain itu untuk melebarkan sayap dan mencakup lini lainnya , maka saya membuat Blog News (news.gudangmateri.com) , Blog Musik (musik.gudangmateri.com) , Blog Aplikasi dan Gadget (apps.gudangmateri.com) , TV Streaming (tv.gudangmateri.com) dan masih banyak lagi . Pengembangan ini dilakukan untuk memberikan fasilitas dalam menikmati berbagai kebutuhan dengan unsur edukasi .

Tentunya dalam mengembangkan pendidikan tidak hanya cara - cara konvensional yang diandalkan , namun kita harus memanfaatkan teknologi seperti Blog dan jejaring sosial . Adapun tindakan nyata saya dilingkup teman - teman , saya mengupload materi - materi kuliah di Gudang Materi dan menyampaikan tautan akses kepada teman - teman .

Hal ini untuk mendukung pengembangan pendidikan ke arah modern dan memudahkan aksesibilitas . Semoga para pelajar di Indonesia dapat merasakan manfaat dari Gudang Materi yang senantiasa memberikan materi - materi berkualitas kepada para pelajar .

*Achmad Zulfikar adalah Mahasiswa yang sedang studi di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta . Aktif sebagai Blogger dan Jurnalis di Kampus , Blog Jurnalistik Fikar dapat diakses di : http://blog.umy.ac.id/jurnalkampus .

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...