Jumat, 22 Juli 2011

Outbound bersama Resident UNIRES Putra UMY


Bagikan tulisan ini ..
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh semua resident waktu itu, walaupun harus bangun pagi - pagi sambil ngucek - ngucek mata, tapi kegiatannya sangat bermakna sekali. Ini kisahnya , apa kisah kamu ?

Pagi hari tanggal 26 September 2010 , sebelum Sang Fajar menyingsing dan memancarkan sinarnya . Kami anak UNIRES Putra UMY telah mempersiapkan diri untuk mengikuti Outbound yang diadakan oleh pengelola UNIRES Putra UMY.

Pada pukul 05.00 WIB , kami telah berkumpul di halaman depan UNIRES Putra dan berbaris menurut Ushro masing - masing . Setelah kami berkumpul , maka kami menuju ke Student Center UMY . Di samping Student Center UMY , kami kembali berbaris dengan posisi yang sama bersama teman - teman Ushro masing - masing .

Kemudian , tiap Ushro membuat Yel - Yel penyemangat . Kami dari Ushro Ibnu Taimiyah hanya beranggotakan 6 orang yakni , Hasran Halim , Faqih Abulaisin , Muhammad Albi Kasim , Muh. Riza Haefany , dan saya sendiri .

Dikarenakan kelompok dari Jamaluddin AL - Afghani hanya beranggotakan dua orang , yakni Singgih dan kawannya , maka mereka pun bergabung bersama kami .

Masing - masing Ushro menunjukkan kebolehannya dalam adu Yel - Yel dengan semangat , kami yang hanya beranggotakan 8 orang harus tetap semangat . Tetapi , kami tidak mendapatkan giliran untuk meneriakkan Yel - Yel kami . Dikarenakan langsung masuk ke acara berikutnya yakni , Senam Aerobik.

Senam Aeronik ini dipandu oleh kak Alvis salah satu mahasiswa FAI UMY , kami pun mengikuti gerakan senam Aerobik yang tentunya akan membuat tubuh kita bugar dan merenggangkan pergelangan otot kita agar tidak keseleo ketika mengikuti Outbound.

Senam Aerobik dengan banyak variasi gerakan ini tentunya membuat rasa kebersamaan kami semakin kental , ditambah lagi untuk hitungan pengiring senam dilakukan bergantian oleh kawan - kawan dan menggunakan bahasa Daerah masing - masing .

Kadang - kadang kami tertawa sendiri , karena mungkin ada angka - angka yang disebutkan terdenganr 'asing' ditelinga kita dan tergelitik ketika mendengarkannya .

Senam yang berdurasi sekitar 20 menit ini tentunya membuat tubuh kita menjadi segar dan bugar . Ditambah lagi keringat kami yang bercucuran menandakan kami hari ini dalam keadaan sehat wal afiat . Alhamdulillah ..

Setelah bersenam ria , maka selanjutnya diadakan pembagian kelompok yang terdiri , dari kelompok A dan kelompok B . Pembagian kelompok diadakan secara teracak , jadi kita dapat saling mengakrabkan diri satu sama lain . Pembagian kelompok dilakukan dengan games pengacakan .

Akhirnya , terbagilah kelompok menjadi 4 tim , dan 2 kelompok . 1 Kelompok terdiri dari 2 tim yang masing - masing Tim dari 1 Kelompok akan berkompetisi meraih kemenangan dalam Games yang akan dilaksanakan . Setelah kami terbagi dalam kelompok , maka saatnya menuju ke Lokasi Games , yakni di Taman Kolam .

Lomba dimulai ..

Sesampainya di arena Outbound , kami pun berpisah antara kelompok A dan kelompok B . Saya yang tergabung dalam kelompok A memulai Outbound ini dengan lomba "Panjang - Panjangan" , dalam games ini kita diharuskan membentuk pola garis lurus dengan menggunakan barang - barang yang ada pada diri kita , baik barang bawaan bahkan tali sepatu sekalipun untuk membentuk garis lurus . Games ini dipandu oleh kak Fahlul Amri dengan rule tidak boleh memperlihatkan aurat .

Kami bersaing atara tim 1 dan tim 2 , saya yang tergabung dalam tim 2 berusaha agar pola garis lurus kami melebihi tim 1 . Kami bahkan menggunakan kunci kamar yang dibawa oleh sahabat kami . Kemudian baju yang kami kenakan , ada juga yang memakai celana panjangnya . Dan tak luput dari pandangan , tali sepatuku juga turut dilepas untuk melengkapi rangkaian kami .

Akhirnya , kami mencapai panjang lintasan yang cukup panjang , namun setelah waktu di hitung mundur maka kami pun bersegera mempersiapkan badan kita untuk menambah panjang lintasan . Hitung mundur , 10 , 9 , 8 , 7, 6.. tim 1 masih lebih panjang 'sedikit' dari tim kami . 5, 4 ,... akhirnya Reza Fahmi melengkapi lintasan kami dan kami pun menjuarai Games pertama ini.

Pesan dari perlombaan pertama ini adalah , upaya untuk menjalin persatuan dan kesatuan antar resident UNIRES agar kita saling tolong - menolong dalam melakukan pekerjaan .

Perlombaan kedua adalah perlombaan Hula Hup dimana permainan ini dipandu oleh kak Alvin Jurnalistika dan kak Fatih . Dimana permainan ini mempunyai rule , kita harus memindahkan sarung dari satu temen ke teman lain dengan tetap berpegangan tangan dan tidak boleh terlepas .

Hal ini dilakukan bolak balik , kami mengusahakan untuk mencapai teman paling ujung sarung tersebut dan kembali ke pemain pertama . Permainan ini diadakan sebanyak dua putaran , dengan posisi kedua dimana tangan harus berada diantara kedua paha . Tantangan kedua lebih berat , dikarenakan posisi tangan ditaruh diantara kedua paha dan kemudian menyambung dengan tangan teman dibelakangnya .

Inti dari permainan kedua ini adalah kerjasama , kekompakan , dan kecermatan dimana kita harus dapat teliti dalam melakukan sesuatu dan memperhatikan akan hal - hal yang dapat memudahkan kita melakukannya .

Permainan Ketiga yakni , permainan ZIP ZAP yang peraturan mainnya kita harus saling mengenal antara satu sama lain , yang dihapal disini adalah nama teman dan asal teman tersebut . Jika pemandu mengucapkan ZIP sebanyak X maka orang yang ditunjuk akan menyebutkan nama kawannya sebanyak x di sebelah kirinya . Bilamana ZAP terpilih maka teman tersebut akan menyebutkan nama temannya sebanyak x dari panitia ke arah kanan .

Permainan ini dipandu oleh kak Fatih dan mempunyai makna kita harus saling kenal mengenal antar satu sama lain , walaupun kita berbeda fakultas , wing , atapupun suku . Namun hal tersebut tidak menutup pertalian silaturahim kita dengan habluminannas .

Setelah permainan ketiga usai maka dilanjutkan dengan permainan keempat yang dimana dituntut kekompakan dan kebersamaan satu sama lain . Permainan ini terdiri dar 4 orang pada awalnya dan akan bertambah kelipatan dua ketika kelompk tersebut berhasil berdiri bersama tanpa jatuh .

Dengan menggunakan 4 orang di kelompok kami , maka insya Allah hal tersebut dimudahkan . Pertama kami merapatkan telapak kaki antara satu sama lain . Namun , ketika kawan - kawan telah mencapai 12 orang maka kesulitan mulai kami rasakan .

Betapa sulitnya mengangkat 15 orang untuk berdiri bersama dalam waktu bersamaan . Namun , tekad kami telah mematahkan pesimisme kami dan akhirnya kami dapat berdiri bersama.

Pada games ini lah dapat kita lihat cerminan , bahwa untuk bersama - sama menuju ke satu tujuan itu tidaklah mudah . Namun , dengan kekompakan dan rasa tanggung jawab antar satu sama lain maka kita dapat bersama - sama berdiri dan berhasil menyelesaikannya.

Setelah games Berdiri Bersama ini , maka kami beristirahat sejenak di Taman Kolam . Menyantap arem - arem dan sebiji telur bersama - sama . Nikmatnya kebersamaan setelah melalui berbagai games ini tentunya akan semakin memperkuat tali persaudaraan diantara kami resident UNIRES .


Foto bersama Resident UNIRES Putra UMY di Taman Kolam

Setelah cukup beristirahat dan menikmati sarapan kami dengan segelas ovaltine , maka games selanjutnya akan lebih menantang yakni game Spider Bilt . Dari namanya saja tentunya anda dapat membayangkan games tersebut.


Foto bersama Resident UNIRES Putra dan Resident UNIRES Putri di Depan Sportorium UMY

Setelah game tersebut, kami diarahkan ke depan Sportorium dan bertemu dengan resident dari UNIRES Putri. Di depan Sportorium ini kami foto bersama dan akhirnya kami kembali ke UNIRES Putra di Selatan Kampus Terpadu UMY.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...