Kamis, 14 Juli 2011

Promosi Doktor Ibu Kamsinah


Bagikan tulisan ini ..
Ujungpandang, 14 Juli 2011 08:36 PM

Dua hari yang lalu (12 Juli 2011) saya dan ibu menghadiri promosi doktor ibu Kamsinah Darwis, M.Hum. bertempat di ruang seminar Pusat Kegiatan Penelitian Universitas Hasanuddin.

Kami berangkat pukul setengah 10 pagi dari rumah menuju Universitas Hasanuddin, perjalanan kami tempuh selama 30 menit. Kami tiba di Gedung PKP-UNHAS pada pukul 10 pagi. Ibu saya turunkan terlebih dahulu dan masuk duluan ke gedung tersebut.


Kemudian saya memarkir motor di tempat yang telah disediakan tak jauh dari gedung PKP-UNHAS tersebut. Ketika mulai berjalan masuk ke gedung saya melihat berjejer karangan bunga ucapan selamat kepada bu Kamsinah atas ujian promosi yang dijalaninya dan beliau akan menyandang gelar doktor dalam bidang Ilmu Linguistik.

Saya masuk ke gedung PKP dan mengisi buku tamu di depan ruang seminar terlebih dahulu kemudian sayapun diberi snack dan fotokopian ringkasan disertasi beliau. Di dalam ruang seminar telah hadir teman - teman dari ibu Kamsinah, saya pun mencari - cari posisi ibu berada, dan akhirnya saya melihat ibu berada di baris ketiga di depan bersama tante Ery Iswary.

Saya pun akhirnya duduk di baris kedua, ibu Kamsinah sudah bersiap untuk presentasi disertasinya yang berjudul "Analisis Prinsip dan Parameter Kalimat Pasif Bahasa Indonesia". Walaupun beliau merupakan dosen Sastra Inggris, namun menurut beliau ia sangat tertarik dengan bahasa Indonesia yang variatif.


Presentasi dibawakan oleh beliau kurang lebih 40 menit dihadapan audience dan 8 guru besar yang berada di atas mimbar. Setelah presentasi, beliau menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh penguji, dan promotor. Setelah menjawab pertanyaan, akhirnya sidang ujian promosi di skors 10 menit untuk para guru besar mendiskusikan nilai yang akan diberikan kepada bu Kamsinah.


Setelah keluar dari ruang diskusi, akhirnya pimpinan sidang ujian promosi membuka kembali ujian promosi bu Kamsinah dan membacakan hasil yang diperoleh oleh bu Kamsinah atas disertasinya. Dan pimpinan sidang menyatakan bu Kamsinah berhak memperoleh gelar Doktor dalam bidang Ilmu Linguistik dengan predikat "SANGAT MEMUASKAN".

Sontak para hadirin mengucap Alhamdulillah, terlihat raut kebahagiaan dari putra - putri beliau serta suaminya yang juga merupakan salah satu penguji atas disertasinya. Sidang ujian promosi dilanjutkan dengan pembacaan pesan oleh pimpinan sidang dilanjutkan dengan promotor beliau.


Setelah ujian promosi berakhir, para hadirin yang hadir satu per satu menyalami bu Kamsinah beserta suami dan tujuh orang anaknya. Sebuah perjuangan yang tidak mudah oleh beliau dalam menempuh studi selama ini. Semoga gelar yang diperoleh akan menambah daftar panjang para doktor yang berkontribusi bagi pengembangan ilmu khususnya di bidang linguistik.

Saya Achmad Zulfikar mengucapkan selamat atas promosi doktor beliau, semoga kesuksesan akan selalu menyertai !

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...