Selasa, 05 Juli 2011

Quiz Logika "Bon Bon"


Bagikan tulisan ini ..
Ujungpandang, 5 Juli 2011 10:31 PM

Di Facebook, saya baru saja mendapatkan Quiz dari temen si Muhammad Ulinnuha. Kelihatannya sih sepele tapi membutuhkan ketelitian untuk menjawabnya. Kenapa saya memberi judul tulisan ini Quiz Logika "Bon Bon", karena dalam soalnya menggunakan coklat "Bon Bon" sebagai bagian dari quiz.

Bagi yang nggak tau apa itu bon - bon, coba anda lirik gambar disamping ini, semoga sedikit menyegarkan ingatan anda. Tapi kalau di Indonesia sih, ada juga bon-bon itu seperti es batangan .. hehehe .. Tapi kayaknya maksud si pembuat quiz ini , Bon-Bon yang coklat bulet-bulet itu. Mari kita lanjut ..

Bagi anda yang merasa tertantang ayo, dijawab soalnya :


Bagi yang sudah bisa menjawab ayo diterka - terka berapa jawabannya, kalau sudah dapat jawabannya silahkan mencocokkan dengan jawaban saya dan jawaban si pembuat Quiz. (untuk meningkatkan rasa penasaran anda, saya memberi warna tulisan serupa background supaya anda tidak bisa ngintip, sorot tulisannya untuk mendapatkan jawaban)

jawaban saya (ngasal mode on):

jawabannya adalah 22 bon bon
Jadi begini,
Bon Bon 15 rupiah dapat 15 buah
Dari 15 buah bisa dapat 5 bon bon lagi
dari 5 bon bon bisa dapat 2 bon bon lagi
disini berarti ada sisa 1 bungkus bon bon, ditambah dengan 2 bungkus bon bon terakhir maka .. ada 22 bon bon :)
11 menit yang lalu · Suka

secara matematis
15 bon bon (awal)
15/3 = 5 bon bon (dapat bon bon lagi)
5/3 = 1 sisa 2
karena sisa 1 + 2 = 3/3 = 1

jawaban si pembuat Quiz:

- 15 rupiah dapet "15" bonbon (1 bonbon = 1 bungkus, jadi 15 bungkus)
- 15 bonbon (15 bungkus) dapet "5" bonbon (5 bungkus) -> 3 bungkus bonbon dapet 1 bonbon, 15:3=5
- 5 bonbon (5 bungkus) dapet "1" bonbon (1 bungkus) sisa 2 bungkus
- 1 bungkus hasil penukaran ditambah 2 bungkus sisa penukaran dapet "1" bonbon (1 bungkus)
Jadi, hasil akhirnya:
15+5+1+1=22

Bagaimana jawaban kamu, bener gak ?

sumber foto : http://www.flickr.com/photos/santos/

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Izin Copas ya...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...