Rabu, 06 Juli 2011

Soal Logika Tipe Einstein, Apa sih ?


Bagikan tulisan ini ..
Ujungpandang, 6 Juli 2011 1:15 AM

Malam yang dingin menyelimuti kamarku, dengan ditemani laptop dan botol kosong bekas susu keledai. Dinginnya malam serasa sirna karena soal - soal tipe Einstein yang diberikan oleh salah satu teman Facebook, dia adalah Rizal Nurfajriansyah. Beberapa menit yang lalu saya baru saja menderita 'stress in the night' akibat soal logika yang belum terpecahkan darinya. Pasti anda bertanya ! Kenapa saya bisa bertemu dengan dia di malam yang dingin ini di dunia maya ?

Awalnya saya melontarkan pertanyaan tentang Quiz Logika "Bon Bon" yang saya bagikan 1 jam yang lalu. Kemudian ia mencoba menerka - nerka jawabannya dan akhirnya benar, sekaligus dia tertipu akibat tidak melihat kalau saya sudah menyediakan jawaban untuk pertanyaan tersebut. HaHaHaHa..

Sebagai 'karma' dari Quiz yang sempat membuatnya bingung, ia memberikan beberapa soal yang di Facebook saya sudah ada jawabannya tapi disini saya akan memberikannya kepada anda. Sedangkan jawabannya saya taruh di dalam postingan ini di tempat tersembunyi .. ^_^

Kita mulai yah ..

SOAL 1
Saat itu kamu mulai tidur pada pukul 8 malam dan menyetel jam weker untuk berdering pukul 9 pagi. Berapa lama kamu tertidur sebelum terbangun oleh deringan weker?

SOAL 2
Ini adalah cerita seorang gadis.
Pada saat ada di upacara pemakaman ibunya yang baru meninggal,
dia bertemu dengan seorang laki-laki yang belum pernah dia kenal sebelumnya.

Dia sungguh tertarik dengan lelaki ini.
Lelaki ini adalah pria idaman yang selalu dia impikan sejak dulu sehingga
dia langsung jatuh cinta.

Tapi sayang sekali setelah itu laki-laki tadi menghilang dan
gadis tersebut tidak pernah bertemu dengan lelaki itu lagi.

Beberapa hari setelahnya, ada kejadian heboh.
Gadis ini membunuh kakak perempuan kandungnya.

Pertanyaannya: Apa motif pembunuhan ini?

SOAL 3
Jika kamu hanya memiliki sebuah korek api dan memasuki sebuah ruangan DINGIN dan GELAP dimana disana terdapat sebuah pemanas minyak, lampu minyak dan sebuah lilin, manakah yang akan kamu nyalakan duluan?

SOAL 4
Berapa kali angka 7 muncul di antara bilangan 1 sampai 100?

SOAL 5
Jika diperlukan waktu 1 menit 5 detik untuk merebus satu wortel hingga matang, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus empat wortel?

SOAL 6
Seorang pria menggunakan pakaian berwarna serba hitam, celana hitam, sepatu hitam, kaos kaki hitam, sarung tangan hitam, dan kacamata hitam. Ia berjalan di sebuah lorong hitam. Seluruh lampu di lorong itu padam total. Kemudian, sebuah kendaraan berwarna hitam dengan lampu yang juga padam meluncur memasuki lorong. Namun tepat di depan orang itu kendaraan berhenti. Bagaimana mungkin pengendara kendaraan bisa melihat lelaki itu?

SOAL 7
Ada kodok di pinggir kolam renang yang panjang 10 Meter. Kodoknya ingin menyeberang melewati kolam renang. Tiap kali dia lompat cuma bisa jarak 1 meter. Berapa kali kodoknya lompat supaya sampai ke ujung kolam ?

Nah, 7 soal diatas sudah saya jawab dengan sukses walaupun keblenger. Tapi soal kedelapan ini membuat saya penasaran dan masih bertanya - tanya jawabannya. Bisakah anda menjawabnya .. Ini dia :

SOAL 8 (soal kali ini tanpa proses editing, tulisan pure dari pembuat soal)
agan mau celana di matahari SEharga 70 ribu

agan gak punya uang Sama Sekali..
agan minjem ke dua orang..
si A : 35 rbu
Si B : 35 rbu
total 70 ribu..
Setelah mendapatkan uang nya agan pergi ke matahari..
ternyata Setelah Sampe harga celana itu diSkon menjadi 67 ribu...
dan paStinya agan mendapat 3 ribu rupiah uang kembalian...
Setelah itu agan naik akngkot untuk pulang ke rumah Seharga SERIBU.
terSiSa 2 ribu lagi..
nah karena agan pikir uang nya mubazir kalo di hambur hambur..
agan kaSih tuh uang buat bayar hutang ke 2 temen agan maSing2 Seribu rupiah..
Setelah di itung itung hutang agan berkurang dari 35 rbu menjadi 34 ribu.
begitupun yang Satunya lagi..
nah agan meraSa bingun karena waktu di hitung kembali uang nya ada yg ilang..
coba kita hitung..
hutang menjadi 68 ribu=haSil dari 34 ribu+ 34 ribu.
teruS tambah naik angkot Seribu=69 ribu lagi..
yang menjadi aneh kemana uang Seribu nya alagi

Bagaimana ? Semoga bisa menjawabnya, utamanya SOAL 8 yang kata empunya soal , mengutip pernyataannya di Facebook "coba tanyain ke Seluruh orang yg agan kenal.. mungkin 1:100,000,000 juta gan". Tentunya SOAL 8 diatas akan menjadikan anda satu - satunya orang yang biasa menjawab diantara 100juta orang lainnya.

Good Luck !

update !

Akhirnya pada 10 Juli 2011, SOAL 8 sudah terjawab, untuk tetap menghargai para penjawab kita. Ini dia saya tampilkan jawaban menurut pendapat pribadi mereka.

Dudi Jaya : kan buat ongkos pergi ke matahari 1000, pulangnya 1000, jadi pass.. T.T

Aulia Batrisya : uangnya ngak ada yg hilang sbb kita pinjam uang 68 ribu kurang angkot seribu n sisanya buat beli celana yg 67 ribu jd uangnya pas.

Dhomy Marfasa : kan itu harga jeans ny 67rb terus sisa 3rb. aturannya kan yg 2rb bwt bayar utang.masing2 seribu.jadi kn 69rb.di tambah bayar angkot seribu.pas dong 70 rb mungkin :)

Muhammad Yasri : ya Jelas kuranglah,kalau ditmbkn yg untuk Ongks Oplet, Karena itu msh Kita pinjem,blm dibyr,knpa diTambahkan? <-- Ini jawaban benarnya

Arfa Fahruddin : memang agan yang satu itu cuma utang 68 ribu kok dari si A:34 ribu dari si B:34 ribu, ayo di tambah kan untul beli celana 67 ribu + ong pul 1 ribu, kan ketemu 68 ribu

update !
(10 Juli 2011)

Akhirnya SOAL 8 terjawab sudah, jawaban dari mas Muhammad Yasri ternyata benar. Selamat yah !. Ini dia pernyataan dari si "pembuat soal" :



(sorot dibawah ini untuk jawaban soal 1 - 7)

JAWABANNYA :

SOAL 1
Kamu cuman tidur selama 1 jam, karena jam weker tidak mengenal pagi maupun malam

SOAL 2
Motifnya adalah si Gadis ini berharap bahwa lelaki idamannya akan muncul lagi di pemakaman kakak perempuannya.

SOAL 3
Nyalakan dulu koreknya baru nyalakan yang lain, gimana sih !

SOAL 4
20 kali muncul
Karena angka 7 muncul dalam 7, 17, 27, 37, 47, 57, 67, 70, 71, 72, 73, 74, 75, 76, 78, 79, 87,dan 97 total sebanyak 18 kali muncul
ditambah lagi 2 kali muncul pada angka 77, sehingga 18 + 2 = 20 kali muncul.


SOAL 5
Cuman butuh 1 menit 5 detik, kalau bisa langsung merebus empat wortel dalam sekali masak kenapa harus satu per satu.

SOAL 6
Jelaslah walaupun lorongnya tanpa lampu, tapi hari masih SIANG jadi Pria tersebut masih dapat melihat Mobil tersebut.

SOAL 7
Kalau mau keseberang tinggal lompat 1 kali dan berenang ke seberang. Jadi jawabannya 1 kali lompatan.

4 komentar:

Fiviku mengatakan...

wah saya bisa nomor 8 sebelum liat jawabannya :')

Al Whiteheart mengatakan...

Harga = 67 ribu, uang yang dikembalikan = 2 ribu, uang kita = seribu, 67 + 2 + 1 = 70 kan~?

Anonim mengatakan...

1000 kan buat naik angkot jadi nyisa di kita, bayar 500 ke si A dan B hutang kita lunas :)

aqil bayu mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...