Jumat, 05 Agustus 2011

Akhirnya UMY Menjadi Pilihanku


Bagikan tulisan ini ..
Tulisan ini saya buat setahun yang lalu (tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2010) ketika saya memutuskan untuk melanjutkan studi saya di Universitas yang pada awalnya menjadi pilihan dari ibu saya. Pasalnya karena terjadi instabilitas di kampus yang dulu jadinya saya diperhadapkan pada pilihan untuk pindah ke kampus baru dengan suasana baru dan menjadi mahasiswa baru kala itu.

Dalam tulisan ini menceritakan berbagai pertimbangan, kegalauan, kisah suka dan duka disertai kebahagiaan yang bercampur menjadi satu rasa. Mungkin dalam tulisan ini ada beberapa ungkapan yang kurang bertaut satu sama lain. Harap maklum karena baru belajar menulis a.k.a curhat di blog.

***

Saya bisa mengatakan memilih kampus tentunya para calon mahasiswa , mempertimbangkan matang - matang , mulai dari akreditasi dari kampus , kurikulum pengajaran , lokasi kampus , ketenaran kampus . Dan mungkin banyak lagi faktor - faktor pendukung untuk memilih kampus tersebut.

Sekedar flashback , mengapa saya memilih UMY . Belum lama ini muktamar Muhammadiyah yang diadakan di kota Yogyakarta dengan banyak peserta berdatangan dari seluruh wilayah . Termasuk ibu saya sebagai salah seorang peserta Muktamar pada tanggal 3 - 8 Juli 2010 .

Ibu saya mengikuti penutupan pada saat muktamar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dalam perhelatan akbar ini tentunya penentuan tempat telah terseleksi dengan sangat tepat . Dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan kampus yang terpilih sebagai tuan rumah penutupan Muktamar Seabad Muhammadiyah.

Ketika ibu berada di Muktamar , ibu pun langsung menelepon saya dan memberitahu mengenai UMY dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan , dan jurusan - jurusan Program Studi yang banyak diminati , dengan akreditasi "A" .

Ibu pun menawarkan untuk berlibur di Yogyakarta sembari melepas penat dengan berbagai hiruk pikuk di Jakarta , pada saat ibu menelepon aku sudah terlanjur mendaftar untuk mengikuti IT Camp 2010 di Gunung Bunder , Bogor , selama dua hari 10 - 11 Juli 2010 .

Aku pun sempat berpikir , dan setelah aku cek harga tiket pada hari Sabtu dan Minggu tersebut harganya sangat tinggi . Akhirnya aku bernegosiasi dengan ibu dan memilih untuk ke Yogyakarta pada hari Senin , 12 Juli 2010 .

Setelah pulang dari IT Camp 2010 di Gunung Bunder , keesokan harinya saya memesan tiket di travel dan alhamdulillah dapat tiket murah dan pada saat itu juga aku memesan tiket dan saya berangkat ke Yogyakarta pada pukul 15.00 WIB.

Sepulang memesan tiket , saya langsung bergegas dengan membawa beberapa lembar pakaian , dan kelengkapan untuk pendaftaran di UMY . Aku pun menuju bandara dengan naik Damri ke Bandara Soekarno Hatta .

Menuju Terminal Keberangkatan A5

Sesampainya di Bandara , saya masih sempat menunggu 1 jam . Saya menunggu di terminal A5 . Sempat Online untuk update my Blog GudangMateri.com , akhirnya panggilan kepada para penumpang Lion Air menuju Jogjakarta dipersilahkan naik pesawat.

Akhirnya penerbangan memakan waktu 1 jam , dan akhirnya tiba di bandara Adisutjipto Jogjakarta , berhubung saya hanya membawa satu koper dan itupun saya taruh dikabin , maka sesampainya di Bandara Adisutjipto saya langsung keluar tanpa menunggu bagasi . Dan memesan Taksi Bandara menuju Madrasah Muallimin Yogyakarta.

Dengan membayar 60rb saya menuju Madrasah Muallimin Yogyakarta , sesampainya di Muallimin , ibu dan adekku Achmad Chaedar (admin 2) telah menungguku di depan Muallimin . Walaupun , sempat tersasar ke Patangpuluhan.

Sesampainya di Madrasah Muallimin saya membereskan barang - barang dan melihat adik saya yang sedang mengikuti FORTASI Madrasah Muallimin Yogyakarta , FORTASI tersebut telah diadakan sejak tadi pagi hingga tanggal 15 Juli 2010 . FORTASI berlangsung selama empat hari .

Singkat cerita , pada tanggal 13 Juli 2010 , saya , Chaedar , bersama Ibu menuju kampus UMY dengan mengendarai Bus Jalur 9 dari Muallimin , untuk mengikuti tes CBT ( Computer Base Test ) . Setelah itu kami masuk lewat pintu depan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sekitar 100m menuju ke Gd. Ar-Facruddin A Lt. Dasar untuk registrasi CBT Test .

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Setelah proses registrasi , verifikasi , dan validasi dengan pilihan Hubungan Internasional (IC) dan Ilmu Hukum (Reguler) , maka saya mengikuti tes CBT , 10 menit setelah Tes maka hasilnya telah diumumkan dan hasilnya saya lulus di Ilmu Hukum (Reguler) . Walaupun kecewa belum lulus pilihan pertama tapi , saya bertekad dengan dorongan dari ibunda untuk ikut tes CBT kedua kalinya keesokan hari.

Setelah mengetahui pengumuman tes CBT maka , kami menyempatkan diri untuk berkunjung ke asrama UNIRES , kantor UNIRES ada di asrama Putri di UNIRES Selatan . Kami bertemu dengan mbak Ai Kartila , salah satu staff di UNIRES. Mbak Ai menjelaskan mengenai prasyarat mahasiswa untuk tinggal di asrama beserta program - program yang ditawarkan .

Namun , untuk mendaftar UNIRES diperlukan bukti bahwa kita telah membayar SPP untuk semester pertama , dengan menunjukkan bukti kwitansi dari pihak kampus . Dikarenakan esok hari saya masih ingin mencoba untuk mengikuti tes CBT , maka kami hanya sebatas bertanya seputar UNIRES dan kembali ke Muallimin.

Ke esokan harinya tepatnya tanggal 14 Juli 2010 , saya , chaedar , dan ibu menuju UMY untuk mengikuti tes CBT ke 2. Kali ini pilihan saya Hubungan Internasional (IC) dan Hubungan Internasional (Reguler) , dan alhamdulillah setelah tes CBT maka saya lulus di Hubungan Internasional (Reguler) . Walaupun , saya masih berharap untuk masuk di kelas IC tapi , saya menerima dan menjalani di Reguler.

Asrama UNIRES Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Setelah berembuk dan berdiskusi dengan ibunda , maka hari ini saya bersama ibu sepakat untuk membayar SPP pada hari ini , untuk bisa mendaftar ke UNIRES , dikarenakan tempat di UNIRES terbatas. Setelah membayar SPP maka kami menuju UNIRES Putri untuk mendaftar asrama UNIRES.

Setelah mendaftar asrama UNIRES dengan mbak Ai Kartila , dan membayar sebagian dari total pembayaran asrama UNIRES , kemudian kami kembali ke Muallimin dan bersiap untuk pembayaran Kuliah keesokannya.

Setelah pembayaran kuliah keesokan harinya , berarti saya telah terdaftar sebagai mahasiswa UMY Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Hubungan Internasional , namun , untuk pengambilan KTM dan Jas Almamater saya tangguhkan dikarenakan loket telah tutup ketika kami telah membayar.

Akhirnya setelah berakhirnya masa FORTASI Madrasah Muallimin Yogyakarta, saya , chaedar , dan ibunda bertolak kembali ke Jakarta . Selain itu , saya harus mempersiapkan diri untuk memasuki kampus baru dan suasana baru di Kota Pelajar Yogyakarta. Nantikan cerita selanjutnya mengenai menuju UMY Jurusan Hubungan Internasional , yang mengisahkan perjalanan ku dari Jakarta ke Yogyakarta untuk menimba ilmu di kampus baru.

Epilog

Masuknya saya di UMY , tidak terlepas dari peran serta Ibu saya yang senantiasa memberikan support dan dorongan terhadap pengembangan bakat dan kemampuan saya . Mungkin kawan sekalian beranggapan orangtua terlalu 'mengekang' anaknya , tetapi hal ini saya anggap sebagai ajang dimana Ibu saya mengarahkan saya untuk masa depan yang lebih baik.

Orangtua mempunyai tanggung jawab untuk mengarahkan anak - anaknya kearah yang lebih baik dari generasinya . Jadi saran saya sebagai penulis , janganlah kalian meremehkan apalagi melecehkan keinginan orantua kalian . Karena , kita belum bisa melihat secara jelas masa depan yang akan kita hadapi kedepan , tetapi orangtua kita telah melihat peluang untuk kita di masa depan.

Dalam hal ini peran sosok ibu sangat penting dalam tumbuh kembang anaknya , saya berkata demikian dikarenakan sosok ibulah yang telah mendidik saya sejak kecil , dan mengarahkan jenjang pendidikan saya hingga sekarang.

Ucapan terima kasih kepada ibundaku Sitti Rabiah , semoga pengorbanan dan usahamu untuk mengarahkan saya dan saudara - saudaraku tidak sia - sia . Allah SWT akan senantiasa membimbing anak - anak yang patuh pada orangtuanya , apalagi ibunya . Insya Allah anak - anakmu akan senantiasa berbakti kepada Rabb-Nya , Bangsanya , Negaranya , serta Ummatnya.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk ibunda Sitti Rabiah , agar tulisan ini akan senantiasa terpampang di Blog ku dan akan selalu teringat di setiap langkah kehidupanku.

14 komentar:

Anonim mengatakan...

One big step to something far great begins from one little step ! Go for it Fik... (**,)
-Mazel-

tomi mengatakan...

wahh ternyata pilihan ibu to mas.. saya dl kuliah di Sadhar memang pilihan saya mas

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mazel : hihihihi.. ternyata mazel main juga ke blog saya ^_^ tq apresiasinya mbak vi.. segala sesuatu memang dimulai dari langkah kecil menuju langkah yang besar dan semakin besar lagii ..

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mas tomi : pilihan saya sih mas, tapi ibu memberi dorongan .. maklumlah waktu itu kan masih masa galau :) kalau mas Tomi kan emang udah orang Jogja.. kalau saya disuruh pilih juga sih mending di Makassar.. tapi .. (nanti saya ceritakan di kisah lainnya)

zubaidah mengatakan...

Assalamu'alaikum kak,

habis cari2 info UMY, eh nyasar ke sini..hehe
kakak mahasiswa UMY yah? saya mau tanya2 dong kak, rasanya pengen bgt bisa masuk sana. boleh ya kak.. :-)

bls via e-mail aja kak, zubaidah.nanta@gmail.com

donyapc mengatakan...

Informasinya sangat bermanfaat, berikut ini ada Contoh soal psikotes,
download tutorial photoshop, dan download blogger templates seo responsive.

soal psikotes mengatakan...

Bagus sekali artikelnya, salam blogwalking.. Berikut ini ada tips melamar pekerjaan:
Sebelum melamar pekerjaan ketahuilah bahwa pewawancara lebih tertarik pada isi dan design cv yang menarik. Lihatlah Contoh CV yang benar dalam membuat cv anda. Pertanyaan wawancara juga mengacu pada jawaban soal psikotes yang anda kerjakan,

Perhatikan juga contoh surat lamaran kerja yang benar.

sadualhee mengatakan...

Nyari info sambil blogwalking gan.... Artikel agan bagus-bagus.

Info tambahan nie:

Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya! Simak caranya di Soal Psikotes dan Jawabannya dan tips Wawancara Kerja serta Info kerja Aceh untuk wilayah Aceh dan sekitarnya. dapatkan juga soal Psikotes untuk Wawancara Kerja. Dapatkan juga Soal Psikotes untuk Penerimana TNI dan POLRI
Ada berbagai cara untuk tes iq baik Soal Tes IQ online maupun menggunakan software.

Flash disk rusak jangan panik dulu coba baca artikel Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Rusak, Tidak Terbaca mungkin dapat membantu.

Bagi anda yang belum memiliki momongan sebaiknya ikuti petunjuk dr. Rosdiana Ramli SpOG dalam bukunya Cara Cepat Hamil dan Tips Cepat Hamil. Semua persoalan kehamilan yang dihadapi pasangan baru menikah dibahas tuntas. Ini berdasarkan pengalaman beliau sebagai dokter kandungan.

Begitu juga dengan bunda yang sedang menjalani Masa Kehamilan dan Tanda-tanda Kehamilan, tips dari dr. Riyani Limoa, SpOG cocok kiranya dijadikan sebagai panduan dalam memantau tumbuh kembang calon sibuah hati anda.

Selain cara cepat hamil dan panduan ibu menyusui kami juga sudah menerbitkan buku Cara Merawat Bayi Baru Lahir satu tahun pertama, sangat cocok bagi bunda yang masih kesulitan atau masih bingung dalam mendidik dan merawat di masa perkembangan keemasannya tersebut.

Kunjungi kami di Masa Hamil dan Menyusui. Terimakasih gan.

rizal salim mengatakan...

mohon share tes materi apa saja untuk prodi HI?

Raja Tiara Tri Kalisa mengatakan...

Nilai tes cbtnya untuk HI berapa ya kk?

Raja Tiara Tri Kalisa mengatakan...

Nilai tes cbtnya untuk HI berapa ya kk?

AMELIA JUNIETHA ANGGELA BLOG mengatakan...

Permisi ka, boleh minta id line? Buat tanya2 tentang umy hehe makasihh

AMELIA JUNIETHA ANGGELA BLOG mengatakan...

Permisi ka, boleh minta id line? Buat tanya2 tentang umy hehe makasihh

Trial 8322 mengatakan...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tes-tes psikotest
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
Seputar Psikotest

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...