Rabu, 24 Agustus 2011

Format Penomoran KTP


Bagikan tulisan ini ..
Saatnya bagi-bagi informasi nih, saya baru saya jalan-jalan di situs-situs media massa eh nemu di Forum Kompas ada thread yang membahas mengenai format penomoran KTP. Karena penasaran saya cek KTP saya dan benar format inilah yang dipakai pada penomoran KTP secara umum.

Mungkin bagi pembaca sekalian belum berumur 17 tahun sabar dulu menanti. Nah sekarang kita langsung saja masuk ke pembahasan tentang penomoran KTP ini. Tahukah anda readers, bahwa nomor yang terdapat di KTP anda, dapat menunjukkan dengan pasti dimana anda tinggal, jenis kelamin anda dan tanggal lahir anda. Sekali lagi saya tekankan hanya dari nomor saja tanpa melihat keterangan lain yang terdapat pada KTP anda.

Nomor KTP, disadari ataupun tidak, merupakan nomor yang begitu penting bagi warga Indonesia. Mungkin nomor KTP anda lebih penting bila dibandingkan nomor rekening bank anda. Tiap ada formulir yang mesti diisi oleh masyasarat, biasanya ada kotak tempat pengisian nomor KTP, entah itu formulir untuk penggantian kartu ATM, membuka rekening bank, membuat SIM ataupun formulir yang lain. Singkatnya, nomor KTP sangat penting bagi kita semua sebagai warga Negara Indonesia.

Nomor KTP yang kita miliki mempunyai 16 digit bilangan yang tersusun sebagai berikut:
PPKKCC.HHBBTT.RRRR

Keterangan Nomor KTP:

PP adalah nomor kode Provinsi tempat dimana diterbitkannya KTP.
KK adalah nomor kode Kabupaten/Kota tempat dimana diterbitkannya KTP.
CC adalah nomor kode Kecamatan tempat dimana diterbitkannya KTP.
HH adalah tanggal hari lahir dari pemilik KTP.
BB adalah bulan lahir dari pemilik KTP.
TT adalah tahun lahir dari pemilik KTP.
RRRR adalah nomor registrasi yang tertera saat pengajuan pembuatan KTP (Register Number).

Nomer kode wilayah baik Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan, masing-masing diambil dari nomer kode wilayah yang berdasarkan sistem klasifikasi dari Badan Pusat Statistik (BPS). Jadi misalkan, bila anda mengajukan permohonan pembuatan KTP di kecamatan Manggala, Kota Makassar. Maka 6 digit pertama pada nomor KTP anda adalah 737112. Dimana angka 73 menunjukkan kode wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, selanjutnya angka 71 menunjukkan kode wilayah Kota Makassar dan angka 12 menunjukkan kode wilayah Kecamatan Manggala.

6 digit selanjutnya yang bertanda HHBBTT adalah tanggal, bulan dan tahun lahir dari pemegang KTP. Untuk 2 digit HH yang menunjukkan tanggal kelahiran terdapat sedikit perlakuan khusus. Dimana bila pemegang KTP adalah wanita maka tanggal lahirnya akan ditambahkan dengan 40. Alasan ditambahkan angka 40 adalah agar memberi perbedaan yang jelas dengan laki-laki. Dengan jumlah hari dalam satu bulan yang maksimal berjumlah 31, maka diambil bilangan yang lebih besar dari itu untuk memberikan perbedaan yang jelas. Misalkan jika ditambah dengan angka 20, seorang perempuan yang lahir di tanggal 5 jika ditambahkan 20 akan menjadi 25 yang akan rancu dengan seorang laki-laki yang lahir pada tanggal 25.

Untuk BB saya rasa cukup jelas, karena yang tertera di KTP anda itu adalah benar bulan lahir anda. Sedangkan angka yang diambil untuk bagian TT adalah 2 digit terakhir dari tahun kelahiran pemegang KTP. Jadi bila pemegang KTP lahir pada 17 Agustus 1945, jika laki-laki maka enam digit HHBBTT akan tertulis dengan angka 170845, namun bila pemegang KTP adalah perempuan maka menjadi 570845.

4 (empat) digit terakhir bertanda RRRR adalah nomor registrasi. Ini adalah nomor yang tertera saat pengajuan pembuatan KTP. Nomor inilah yang menjaga agar tidak ada 2 orang yang yang tinggal di daerah yang sama serta memiliki jenis kelamin dan tanggal lahir yang sama mempunyai nomor KTP yang sama. Jadi kalau misalnya setelah si A terdaftar, ternyata ada orang lain lagi di Kecamatan tersebut yang ternyata mempunyai tanggal, bulan dan tahun yang sama persis dengan si A dan berjenis kelamin yang sama pula maka dia akan mempunyai nomor registrasi yang berbeda untuk membedakannya dengan si A.

Semoga penjelasan mengenai format penomoran KTP ini membantu anda dalam mengenali nomer identitas yang anda miliki. Ayo ! Buruan di cek KTP-nya dan pastikan penomorannya benar.

12 komentar:

bimasakti mengatakan...

yg saya apal cuma bagian "HHBBTT" tok hehehee :p

ardy mengatakan...

sip mas bro, lumayan bisa membantu, tapi lebih enak kalo KTP di bawa aja kmn2 jadi kalo lupa tinggal di lihat :)

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mas bimasakti : hahahaha.. kalau itu juga saya hapal mas :) tapi kalau perempuan itu beda loh formatnya di hari lahirnya +40 :) tapi masnya kan cowok yah .. :P

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mas ardy : itu kalau kita ingat mas Ardy, tapi kalau kita lupa bawa KTP trus mau isi kupon undian gitu gimana dong ? mau gak mau harus dihapal, tapi bisa lebih mudah kalau kita tahu maksud dari penomoran KTP itu sendiri :)

Sandro mengatakan...

belum punya ktp gan :D

M E I L S I -Learn Be Better- mengatakan...

hmm..jadi tanggal registrasi itu gimana cara bedaiinya???

Achmad Zulfikar mengatakan...

@sandro : nunggu cukup umur ajah gan :P

Achmad Zulfikar mengatakan...

@meilsi : tanggal registrasi itulah nanti yang membedakan BILAMANA ada yang tanggal lahirnya sama dengan si pemilik KTP dalam wilayah tersebut. ^_^ kalau nentuin registrasi tanyain pak Camat atau pak Lurah ajah deh :)

Wiwin mengatakan...

Thanks infonya !!! Baru paham aku kenapa HH milikku koq 58 padahal seharusnya 18, rupanya karena +40 ya :-)

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mba wiwin : sama-sama mbak :) salah satu alasannya kenapa harus tambah 40, hal ini untuk mengantisipasi kalau-kalau ada pemalsuan data identitas pemilik. Misalnya merubah jenis kelamin atau menyamarkan identitas, tapi kalau kita tahu nomer KTP itu bisa mengungkapkan jati diri pemilik KTP loo :)

dedy mengatakan...

penulisan gelar pada ktp itu ditulis g ya? aku pengene di tulis se.. biar keren. gmn km menyikapinya?

Anonim mengatakan...

makasih infonya'

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...