Jumat, 05 Agustus 2011

Menjadi Mahasiswa Baru UMY Part II


Bagikan tulisan ini ..
Bagian Kedua dari Dua Bagian

Tulisan ini masih lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul Menjadi Mahasiswa Baru UMY. Tulisan ini juga masih merupakan tulisan saya yang saya tuliskan setahun yang lalu yang kembali saya angkat dengan sedikit modifikasi kata - kata agar dapat lebih enak dan nyaman dibaca.

***

Pembukaan Serentak MATAF UMY

Malam ini mahasiswa baru sedang kerja lembur untuk mempersiapkan segala keperluan dengan berbagai atribut yang nantinya akan dipergunakan dalam MATAF FISIPOL UMY , dalam persiapan untuk MATAF FISIPOL kita dituntut untuk kreatif dalam mempersiapkan diri kita untuk MATAF.

Sebelum pagi menyingsing tepatnya pada pukul . 05.00 WIB , para peserta MATAF telah meninggalkan UNIRES Putra di bagian Utara Kampus . Dengan berbagai atribut kedaerahan dari FISIPOL UMY , yang berasal dari berbagai kafilah - kafilah yang telah dibagikan .

Maka saya dengan kostum Sulawesi Selatan ala Makassar berjalan menyusuri tiap Fakultas menuju ke tempat berkumpul mahasiswa FISIPOL UMY di selatan kampus . Dengan suara khas sandal kayu saya berjalan , walaupun kaki memang agak sakit dikarenakan ukuran sandal kayu yang mini size .

Kafilah Sulawesi Selatan di MATAF FISIPOL UMY

Para peserta MATAF FISIPOL UMY telah berkumpul di depan BEM FISIPOL , kemudian kakak pemandu mengarahkan para peserta untuk berbaris menurut kafilah mereka masing - masing. Para pemandu telah memegang masing - masing Papan Kafilahnya , pemandu untuk kafilah Sulawesi Selatan adalah kak Hasan Ali dan Kak Ayu.

Achmad Zulfikar (admin) di depan Sportorium


Setelah berbaris dengan rapi , maka para peserta di arahkan ke Aula Sportorium UMY untuk mengikuti pembukaan untuk penerimaan Mahasiswa Baru tahun ajaran 2010 / 2011 , yang diikuti oleh segenap MaBa UMY . Acara pembukaan dihadiri oleh bapak H.M Amien Rais untuk memberikan kuliah perdana kepada para Mahasiswa Baru.

Bapak M.H. Amien Rais memberikan kuliah Perdana kepada MaBa UMY 2010 / 2011

Acara pertama di mulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran , kemudian dilanjutkan dengan paduan suara UMY dengan lagu Indonesia Raya . Lalu dilanjutkan dengan sambutan - sambutan , pertama dari Rektor UMY , ketua Panitia MATAF UMY , ketua IMM , dan dilanjutkan dengan kuliah perdana yang dibawakan oleh bapak M.H. Amien Rais  dengan tema " Pengembangan Teknologi di Indonesia ".

Peserta Mataf 2010 / 2011 di Sportorium UMY

Dalam kuliah perdana ini , bapak H.M . Amien Rais memberikan gambaran betapa berkembangnya teknologi informasi di luar negeri . Tetapi dalam negeri masih saja lambat dalam perkembangannya , hal ini ditengarai dengan kurangnya minat belajar para pemuda Indonesia yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

Antusiasme MaBa mengikuti tiap acara pembukaan MATAF UMY 2010


Hal ini menjadi renungan bagi kita semua untuk lebih bersemangat dalam menuntut ilmu , dan tentunya dengan dibekali dengan berbagai soft skill dan hard skill yang nantinya dapat menjadi bekal kita dalam menghadapi kehidupan kita. Dan menjadi generasi Muda yang siap berkompetisi .

Setelah kuliah perdana yang disampaikan bapak H.M . Amien Rais , dilanjutkan dengan paduan suara mahasiswa UMY yang melantukan MARS Muhammadiyah . Setelah itu dilanjutkan pengenalan dasar terhadap UKM - UKM seperti , UKM Sepak Bola, UKM Tapak Suci , UKM Jemaah Al-Anshar , dan berbagai UKM lainnya.

Kemudian setelah perkenalan UKM maka dilanjutkan dengan paduan suara dengan mengambil musik dari Tari Kecak yang dibawakan oleh Paduan Suara Mahasiswa UMY . Setelah itu , diakhiri dengan penutup dan para mahasiswa diarahkan kembali ke masing - masing Fakultas untuk mengikuti MATAF Fakultas UMY .

MATAF FISIPOL UMY dimulai ..

Setelah mengikuti pembukaan Masa Taaruf Mahasiswa UMY tahun ajaran 2010 / 2011 di Sportorium UMY , para peserta MATAF FISIPOL 2010 diarahkan kembali kedepan BEM FISIPOL dan mengikuti pengarahan dan menertibkan MABA peserta MATAF dengan memeriksa berbagai kelengkapan MATAF, para pemandu MATAF kemudian memeriksa masing - masing anggota kafilahnya dari atribut hingga persyaratan yang diwajibkan dibawa pada saat MATAF.

Setelah pemeriksaan selesai dan pencatatan bagi para peserta yang tidak lengkap , maka satu per satu kafilah dibariskan dan menuju Lantai Dasar Mesjid KH. Ahmad Dahlan , ditengah jalan peserta diarahkan untuk mengelilingi lapangan bintang UMY untuk melihat presentasi dari UKM - UKM di UMY .

Peserta MATAF melihat pameran UKM UMY

Berbagai macam UKM dari Tapak Suci , Paduan Suara , S.E.A English Club , Resimen Mahasiswa , Sepak Bola , Theater telah memadati plasa UMY . Para peserta MATAF FISIPOL melewati beberapa UKM dan UKM - UKM menawarkan rekrutmen bagi para MaBa UMY. Setelah cukup lama berjalan perlahan akhirnya para peserta MATAF FISIPOL telah sampai di Lantai Dasar Mesjid KH. Ahmad Dahlan.

Kami-pun disambut per kafilah untuk memasuki area mesjid Lt. Dasar Mesjid KH. Ahmad Dahlan , sebelum itu kami melepaskan sendal kayu dan diletakkan sekelompok per kafilah. Kafilah pertama memasuki area MATAF FISIPOL dilanjutkan dengan kafilah selanjutnya dan diakhiri dengan kafilah kami dari Sulawesi Selatan dengan menyorakkan yel - yel "Aga Kareba !" , kami menjawab "Bajik - Bajik ji" .

Kami pun memasuki area MATAF FISIPOL , tema budaya yang diusung pada MATAF tahun ini memang sarat makna , selain kami dibagi per kafilah dengan ciri khas kedaerahan , di depan kami telah tersedia angkringan jajanan yang dapat kami kunjungi pada waktu istirahat.

Tema MATAF FISIPOL tahun 2010 , yakni "sehari lebih dekat bersama FISIPOL" , tentunya tema ini menggambarkan kita sebagai mahasiswa baru harus menjalin kebersamaan dan persaudaraan walaupun kita berasal dari latar daerah yang berbeda , tetapi kita satu platform yakni , sebagai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dekan FISIPOL UMY dan Pembawa Acara MATAF FISIPOL

Acara dipandu oleh kakak dari FISIPOL UMY , dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan dilanjutkan sambutan Dekan FISIPOL UMY , lalu ketua Panitia MATAF FISIPOL UMY . Dalam sambutannya dekan FISIPOL UMY berharap para MaBa sebagai generasi penerus bangsa dapat membawa nama baik kampus baik secara internal maupun eksternal.

Setelah sambutan dan pemaparan singkat mengenai FISIPOL oleh bapak Dekan , maka dilanjutkan dengan pengenalan debat Bahasa Inggris oleh kakak dari S.E.A English Club , dimana dalam debat kita dapat mengekspresikan pendapat dan argumen kita. Tentunya dalam menyampaikan pendapat kita dalam debat terdapat aturan - aturan dan interupsi yang ditunjukkan pada saat show debat tersebut .

Debat S.E.A English Club UMY di MATAF FISIPOL

Dalam debat tersebut dibahas mengenai peran media dalam penyebaran informasi , seperti contohnya kasus Ariel - Luna yang masih hot dalam beberapa minggu belakangan ini , tentunya berimbas dari peran media yang menyebarkan berita tersebut , sehingga para penonton merasa penasaran dengan konten yang disiarkan tersebut.

Setelah berakhirnya debat , maka diselingi dengan makan Siang dan shalat Duhur berjamaah di Lantai 1 Masjid KH. Ahmad Dahlan. Para peserta MATAF beranjak dari posisi masing - masing untuk shalat berjamaah kemudian kembali ke Lantai Dasar untuk makan siang bersama.

Antusiasme Peserta MATAF FISIPOL UMY

Acara dilanjutkan kembali setelah makan siang , dengan acara permainan Puzzle rumah adat daerah , dalam permainan puzzle ini dibutuhkan kekompakakan antar anggota kafilah . Untuk kafilah Sulawesi Selatan mendapatkan puzzle berbentuk rumah gadang , dengan berbagai pertanyaan kedaerahan.

Akhirnya kafilah dari Sulawesi Selatan menyelesaikan tantangan Puzzle Rumah Adat tersebut , dan mengumpulkan pada panitia . Selanjutnya acara diambil alih oleh MC. Acara hiburan yang ditampilkan adalah , penampilan dari kawan - kawan yang melakukan kesalahan dengan tidak memakai atribut , mereka menampilkan tarian - tarian kocak nan unik .

Setelah itu kafilah dikelompokkan menjadi kelompok besar , dimana kafilah Sulawesi Selatan bergabung dengan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat untuk menampilkan performance kelompok.

Kelompok kami menampilkan tarian Dayak dipadukan dengan lagu Indonesia Tanah Air Beta , yang merupakan perpaduan yang menarik dan unik. Dengan formasi para laki - laki membawakan tarian , sedangkan perempuan menyanyikan lagu Indonesia Tanah Air Beta.

Pemandu Acara yang Kocak membuat peserta MATAF tidak Bosan

Kelompok kami tampil paling akhir sehingga kami menunggu cukup lama untuk menampilkan tarian kolaborasi kami . Setelah itu , panitia mengumumkan BEST DRESSCODE, Mahasiswa teraktif, Mahasiswa paling banyak hukuman, Mahasiswa tereksis dan Nominasi khusus untuk King and Queen (Mahasiswa dan Mahasiswi terbaik dari yang terbaik).

MATAF HI selanjutnya ..

Setelah MATAF FISIPOL , keesokan harinya dilanjutkan dengan MATAF Jurusan Hubungan Internasional UMY . Walaupun merupakan MATAF Jurusan , MATAF Jurusan HI ini mempunyai persyaratan yang harus dibawa . Walaupun, saya yang masih capek sehabis MATAF FISIPOL dan sampai di UNIRES Putra sekitar pukul . 08.45 WIB .

Saya masih harus mempersiapkan kelengkapan untuk MATAF Jurusan HI besok , saya tergabung dalam kelompok peneliti yang dipandu oleh Kak Ratih dan Kak Fadli , adapun kelengkapan yang harus dibawa diantaranya :

Pakaian:

Baju Putih
Celana Kain Hitam
Sabuk Hitam
Sepatu Pantofel
Kaos Kaki Bola Warna Biru
Topi Toga dari Karton berwarna Hitam
Koper Orange dari Karton ditempel Bendera

Co-Card berbentuk kaca pembesar berisi :
Foto , Nama , NIM , dan Nama Kelompok

Air Mineral 750 ml
Beras 1 kg
Pakaian Layak Pakai
Alat Shalat
Beng - beng 4 buah
1 buku 1 pulpen
Roti dengan rasa sama .

Tugas :
Paper tentang Peneliti Public Relation di UK.
format : 5 lembar , font TNR , size 12 , spasi 1,5
Powerpoint tentang paper,

Saya memprioritaskan menyelesaikan tugas paper dengan judul Para Peneliti Public Relation di UK dan powerpoint (powerpoint dapat didownload disini .. ) , tetapi sebelum menuju UNIRES Putra , saya menyempatkan diri untuk singgah di toko alat tulis untuk membeli karton tebal , kertas warna hitam ,kertas warna orange 3 buah dan kertas warna biru muda untuk membuat properti toga, co-card , dan koper orange.

Saya kembali membawa bahan baku properti dan mengerjakan paper yang berjumlah lima lembar , dan powerpointnya . Setelah mengetik paper dengan format yang telah disiapkan maka , papernya saya akan print beserta bendera negara UK .

Setelah di cetak , saya kembali ke kamar dan mengerjakan properti untuk keesokan harinya . Segala properti terselesaikan pada pukul. 02.15 WIB malam , saya sangat capek dan memutuskan untuk tidur agar besok dapat kembali fresh .

Adzan subuh berkumandang , badan masih letih dan lesu . Tetapi harus tetap mengikuti MATAF Jurusan . Akhirnya , saya beranjak dari tempat tidur dan bersiap untuk MATAF Jurusan HI UMY.

Arjuna Hubungan Internasional UMY

Kawan - kawan telah berkumpul di Lobby HI pada pukul 05.30 WIB pagi , dan bersiap untuk mengikuti MATAF Jurusan HI UMY . Setelah kawan - kawan terkumpul maka , kami menuju ke Lantai Dasar Mesjid KH. Ahmad Dahlan Lantai Dasar yang disambut oleh panitia yang mengenakan kostum Arjuna .

Simbol dari Arjuna itu sendiri adalah seorang pemimpin yang akan memimpin para generasi muda HI untuk berani melawan kebatilan , dan menghindari hal - hal yang dapat merugikan . Hal ini merupakan suatu penekanan sikap untuk berani berkata Jujur dan bertanggungjawab.

Setelah para peserta MATAF Jurusan HI UMY telah menempati tempat yang telah disediakan , maka panitia memulai memandu acara , dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an , dan sambutan dari Ketua Panitia MATAF Jurusan HI UMY , ketua KOMAHI UMY , dan ketua Jurusan Hubungan Internasional UMY bapak Sugeng Rianto,SIP, M.Si.

Ketua Panitia MATAF Hubungan Internasional

Ketua KOMAHI 2009 / 2010

Setelah sambutan maka  , acara dibuka secara resmi oleh bapak Sugeng Riyanto ,SIP, M.Si. dengan memukul Gong . Kemudian bapak / ibu dosen Hubungan Internasional UMY satu per satu diperkenalkan oleh bapak Sugeng Riyanto,SIP.M.Si. Dosen - dosen Hubungan Internasional UMY dapat dilihat di :
http://www.umy.ac.id/fakultas-ilmu-sosial-ilmu-politik/staff-dosen/hubungan-internasional

Bapak Bambang Wahyu Nugroho,SIP. memaparkan materi

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan oleh bapak Bambang Wahyu Nugroho ,SIP untuk menjelaskan lebih mendetail mengenai Jurusan Hubungan Internasional UMY. Mulai dari sejak berdirinya HI UMY dan mempertahankan 3x akreditasi "A" dari BAN-PT .
Indriyani sharing cerita dengan MaBa UMY

Setelah penjelasan dari bapak Bambang Wahyu Nugroho , kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman oleh mbak Indriyani salah satu mahasiswa UMY yang baru wisuda pada bulan Juni 2010 . Mbak Indriyani membagi pengalaman sebagai presenter di TV Jogja . Dan berbagai pengalaman menjadi MC di berbagai acara.

Setelah itu , maka dilanjutkan dengan makan siang bersama , dan shalat Duhur , kemudian kami diajak untuk mengenal lebih dekat dengan wilayah Hubungan Internasional di UMY . Berjalan melihat - lihat kantor Tata Usaha HI UMY , kemudian ruang dosen , dan ruang Diplomasi ASEAN .

Kunjungan terakhir kami ke American Corner dan Iranian Corner , dan setelah itu kami kembali ke Mesjid KH.Ahmad Dahlan Lantai Dasar untuk shalat Ashar dan melanjutkan acara yakni , presentasi kelompok . Dimulai dari kelompok Indonesia , dan diakhiri dengan presentasi kelompok kami dari UK .

Presentasi kami yang cukup singkat ditanggapi positif oleh kawan - kawan dari kelompok lainnya . Dan akhirnya setelah kami presentasi maka , kami shalat Maghrib dan bersiap untuk kembali ke rumah masing - masing .

Siraman Qolbu dalam OSDI (Orientasi Studi Dasar Islam) Ikhwan ..

Alhamdulillah setelah melewati MATAF Fakultas dan MATAF Jurusan , maka hari Jumat , 30 Juli 2010 , mahasiswa baru tahun ajaran 2010 / 2011 bagi laki - laki diwajibkan untuk kembali mengikuti Orientasi Studi Dasar Islam UMY yang diadakan oleh LPPI (Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam) UMY.

Peserta OSDI telah berkumpul sejak pukul. 06.30 WIB di area mesjid KH. Ahmad Dahlan , bagi peserta OSDI yang belum mengetahui kafilahnya maka diarahkan ke papan pengumuman untuk melihat nama - nama kafilah beserta pemandunya.

Saya mendapat kelompok Azhar Basyir 3 yang terdiri dari 15 orang dan dipandu oleh kak Bahmid Hafel dan kak Zaenal . Dari kelompok tersebut kami saling mengakrabkan diri satu sama lain .

Kami berkumpul di Lantai Dasar Mesjid KH. Ahmad Dahlan dan terdiri dari berbagai kelompok seperti , KH. Ahmad Dahlan , Mas Mansyur , Azhar Basyir , dan Ar-Fachruddin. Kelompok - kelompok tersebut dipencar ke beberapa tempat diantaranya , Mesjid KH.Ahmad Dahlan Lantai Dasar, Mesjid KH.Ahmad Dahlan Lantai 1 , Gedung Ar-Fachruddin A Lantai 5 , dan Gedung Ar-Fachruddin B Lantai 5.

Setelah itu kami diberikan materi pertama , yakni Islam adalah Pilihan Hidup , kemudian dilanjutkan pendalaman materi oleh masing - masing kafilah . Kemudian setelah materi pertama , maka dilanjutkan dengan materi kedua yakni , Kepribadian Muslim : Menjadi Muslim yang Unggul dan Islami .

Setelah materi kedua , para peserta mengikuti shalat jumat berjamaah dilanjutkan makan siang dan pendalaman materi kedua . Untuk pemateri ketiga oleh bapak Faturrahman dengan materi Perang Pemikiran dan Strategi menghadapinya.

pendalaman materi kelompok Azhar Basyir 3

Setelah materi ketiga , maka dilanjutkan dengan shalat ashar dan pendalaman materi ketiga yang diadakan dilingkungan mesjid KH.Ahmad Dahlan dibawah pohon yang teduh , kelompok Azhar Basyir 3 mendiskusikan mengenai materi yang dibahas oleh bapak Faturrahman yakni , mewaspadai pemikiran sesat yang dapat membuat generasi muda tersesat.

Banyak kontroversi yang terjadi dalam diskusi ini , tentunya hal ini menjadi perdebatan yang alot dalam kelompok , sehingga diperoleh kesimpulan , bahwa kita harus menjaga diri dalam bergaul sesama kawan di kampus.

Akhirnya , setelah pendalaman materi ketiga , maka dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah dan muhasabah yakni motivasi yang diberikan oleh kang Puji yang memberikan semangat kepada mahasiswa baru dalam menghadapi masa kuliah.

Kelompok Azhar Basyir 3 di Mesjid KH.Ahmad Dahlan

Setelah muhasabah dan motivasi , maka dilanjutkan shalat isya dan pengumuman peserta teraktif dari tiap kafilah . Dan alhamdulillah , Achmad Zulfikar (saya) dari Kafilah Azhar Basyir 3 mendapatkan predikat mahasiswa ter-aktif dalam kelompok .

Setelah pengumuman , maka para peserta pulang ke rumah,kos, maupun asrama masing - masing , dan bersiap untuk masa kuliah yang akan penuh warna warni.

7 komentar:

Rawins mengatakan...

wah keren...
selamat ya...

Achmad Zulfikar mengatakan...

@rawins : tq.. ^_^ keren darimananya yah .. hihihi

secolek obrolan mengatakan...

waaah, km lulusan taun lalu? siip :D

Anonim mengatakan...

Ka maaf mau nanya kalo mahasiswi HI UMY harus berkerudung?

Achmad Zulfikar mengatakan...

Iya dik. Kebijakan kampus UMY bahwa seluruh mahasiswa di lingkungan UMY wajib menggunakan kerudung/jilbab. :)

Anonim mengatakan...

kalo OSDI cm buat maba yg cowo aja kak?

nanda ivory mengatakan...

Ka, saya boleh minta username twitter kk? Saya mau tanya" pas pertama masuk kuliah gimana.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...