Jumat, 05 Agustus 2011

Menjadi Mahasiswa Baru UMY


Bagikan tulisan ini ..
Bagian Pertama dari Dua Bagian

Sebenarnya tulisan ini saya tulis sejak setahun yang lalu, ketika saya berstatus sebagai Mahasiswa Baru yang harus mengikuti masa taaruf yang diadakan oleh fakultas dan jurusan serta OSDI yang diadakan oleh LPPI UMY. Memang sih awalnya cukup kaget dengan semua hiruk pikuk ini, namun semua dihadapi dengan senyuman dan tekad yang kuat.

Buktinya saya bisa melewati masa - masa itu, dan dengan tajam membekas diingatan saya hingga dapat terungkapkan lewat tulisan - tulisan ini. Mungkin karena tulisan ini lebih bersifat personal, jadi saya memakai sudut pandang diri saya dalam kisah ini. Selamat membaca ..

***

Setelah mengikuti tes CBT pada bulan Juli 2010 , maka akhirnya saya memantapkan hati untuk memilih UMY sebagai kampus menggali dan memperdalam ilmu. Dan akhirnya setelah dua kali tes, saya akhirnya puas dengan diterima di Jurusan Hubungan Internasional Reguler (sebenarnya dua kali tes karena tes pertama pilihan pertama HI-IC dan pilihan kedua Ilmu Hukum dan akhirnya lulus di ilmu hukum, keesokan harinya coba tes lagi untuk lolos di HI IC, namun sayangnya belum lolos dan kembali lolos di pilihan kedua yakni HI Reguler).

Setelah melakukan proses registrasi dan pembayaran, saya pun menerima kalender akademik , yang tercantum bahwa proses penerimaan Mahasiswa Baru nantinya , akan dilakukan MATAF selama 2 hari , dan OSDI selama sehari.

Foto Udara dari Garuda Airlines diatas langit Jogjakarta

Apa sih MATAF itu ? MATAF merupakan singkatan dari Masa Taaruf siswa , dimana kita akan diperkenalkan dan saling memperkenalkan diri antar satu sama lain, di FISIPOL UMY , MATAF terbagi atas dua yakni , MATAF Fakultas dan MATAF Jurusan . Untuk MATAF Fakultas akan diselenggarakan pada tanggal 28 Juli 2010 , dan MATAF Jurusan pada tanggal 29 Juli 2010.

Bandara Adisutjipto Jogjakarta

Saya berangkat dari Jakarta pada tanggal 27 Juli 2010 ke Yogyakarta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia yang telah dibayarkan oleh bapak (thank you dad!) . Pada pukul 13.20 WIB rencananya pesawat akan berangkat , walaupun telat 20 menit dan disertai hujan .

Taksi Bandara Adisutjipto

Setelah menunggu 20 menit disertai hujan yang semakin deras terlihat dari kaca pesawat, akhirnya pesawat Garuda Indonesia lepas landas dan terbang menuju ke Yogyakarta . Setiba di Bandara Adisutjipto Yogyakarta , saya langsung menuju tempat pengambilan bagasi , dan bergegas memesan taksi Primkopau Taksi Bandara dengan tujuan UNIRES UMY . Dengan membayar Rp.85000 , maka taksi nomer 07 melaju dengan cepat ketempat tujuan.

Sesampainya di UNIRES Putra , saya merapikan barang - barang dan kemudian berkeliling UNIRES kemudian menuju ke minimarket untuk membeli gallon dan beberapa makanan ringan .

Panik ! Persiapan MATAF FISIPOL UMY 2010

Untuk persiapan MATAF hari pertama ini , saya sempat panik dikarenakan hari sebelumnya ketika saya datang dari Jakarta untuk mengikuti MATAF dan OSDI , ternyata telah dilaksanakan technical meeting antar anggota kafilah untuk menyepakati atribut yang nantinya akan dipakai pada saat MATAF . Ditambah lagi saya belum mendaftarkan diri menjadi peserta MATAF FISIPOL UMY.

Sesaat setelah berbenah dan mengatur barang setelah tiba dari Jakarta dan sempat untuk berbelanja keperluan di minimarket dan akhirnya kembali lagi ke UNIRES Putra UMY , maka saya dengan lugunya bertanya kepada salah satu kakak di UNIRES . Ternyata pada MATAF tersebut akan digunakan atribut , yang telah disepakati . Melihat waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB , saya bergegas menuju ke gedung Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial UMY untuk melihat pengumuman .

Ternyata di tempat tersebut tidak ada pengumuman , akhirnya saya bertemu dengan Afif Pratama Putra salah satu mahasiswa Hubungan Internasional UMY dari Gorontalo. Dia-pun menjelaskan mengenai pendaftaran MATAF Fakultas esok hari yang pendaftarannya ditutup pada siang hari pada hari ini . Saya-pun otomatis panik dan bergegas untuk menelpon Panitia MATAF FISIPOL UMY .

Sebelum itu untuk berjaga - jaga , saya menyempatkan diri bersama Afif untuk mem-fotocopy persyaratan yang akan dipergunakan pada saat MATAF Fakultas. Setelah mem-fotocopy maka , saya langsung menelepon panitia dan diarahkan untuk ke Lantai Dasar Mesjid KH.Ahmad Dahlan UMY , atau ke BEM FISIPOL pada pukul 20.00 WIB.

Setelah memperoleh kepastian dari kakak panitian, saya pun sempat kembali dulu ke UNIRES Putra dan mempersiapkan peralatan yang telah saya dapatkan dari Afif . Afif memberitahu bahwa segala persyaratan untuk MATAF FISIPOL UMY dapat diakses di : http://bemfisipumy.blogspot.com . Daftar yang harus dibawa yakni sebagai berikut :

PESERTA PUTRA :

- Celana Hitam Panjang (Kain)
- Kain Batik Di sarungkan sampai setengah lutut
- Kemeja Putih lengan Panjang
- Atribut Daerah (berdasarkan kafilah, minimal 3 atribut, model dan bentuk sesuai kreatifitas masing-masing peserta, minimal tdd: Hiasan Kepala, Kalung, Gelang)
- Sandal Kayu
- Kaos Kaki Bola (Kanan: Hijau, Kiri:Kuning)

PESERTA PUTRI :

- Celana/Rok Hitam Panjang (Dikombinasikan dengan kain batik (jarik) dari pinggang sampai tumit kaki)
- Kemeja Putih lengan Panjang
- Atribut Daerah (berdasarkan kafilah, minimal 3 atribut, model dan bentuk sesuai kreatifitas masing-masing peserta, minimal tdd: Hiasan Kepala, Kalung, Gelang)
- Jilbab lembaran (bukan jilbab jadi) (Warna Hitam)
- Sandal Kayu
- Kaos Kaki Bola (Kanan: Hijau, Kiri:Kuning)

CO-CARD PESERTA (tanda pengenal yang dikalungkan di dada)

Bentuknya menyerupai rumah adat asal daerah masing-masing, dengan format:
Nama, TTL, Motto, Jurusan, Asal dan Photo Warna Ukuran 4x6 (Wajib Narsis)

Membawa Tas menyerupai tas pengembara (Dibentuk Dari Jarik/Kain Batik), berisi:
- Alat Tulis (2 buku, 1 Pulpen)
- Beras 0,5 Kg
- Kantong Plastik
- Al-Qur’an (1 Kafilah, 1 buah)

Pernak Pernik Tebakan

1. Si keriting, Kriuk-kriuk yang tidak pernah bohong: 2 buah
2. Coklat yang pelit
3. Snack Petualang
4. Snack Monyet-Monyet Gila
5. Teh Kesukaan Gus dur
6. Minuman Sopan Kemasa Mineral bersegel, netto: 450 ml

selengkapnya persyaratan dapat diakses di :
http://bemfisipumy.blogspot.com/2010/07/all-about-mataf-fisipol-2010.html

Setelah melihat kelengkapan tersebut , saya sempat bersama Afif untuk membeli sebagian perlengkapan tersebut di depan kampus , yang kebetulan para penjual ada di depan pintu masuk kampus , yang saya beli antara lain , sendal kayu , kaos kaki , dan pernak - pernik.

Mungkin bagi pembaca sekalian pernak - pernik tersebut cukup membingungkan , apalagi untuk pertanyaan tebakan tersebut , ternyata jawabannya sebagai berikut :

1. Mie Sedap 2 buah
2. Chunky Bar
3. Taro
4. Momogi
5. Nuu Greentea
6. Marimas dalam Botol Air Mineral .

Setelah mempersiapkan segala sesuatunya , this time for creativity untuk atribut kedaerahan , saya membuat sendiri , walaupun kebanyakan kawan membelinya seharga Rp.50.000 . Saya lebih memilih membeli bahan baku , kemudian membuatnya sendiri.

Setelah mempersiapkannya , saya kembali ke UNIRES Putra mempersiapkan pakaian untuk MATAF FISIPOL UMY 2010 , sembari menunggu pengarahan selanjutnya dari panitia MATAF BEM Fisipol , maka saya merapikan barang - barang tersebut .

Akhirnya saya-pun menelpon kepada panitia dan diarahkan ke mesjid KH.Ahmad Dahlan UMY Lantai Dasar , untuk bertemu panitia MATAF FISIPOL , dengan meminjam motor teman , maka saya memacu kecepatan menuju UMY untuk bertemu panitia , belum sampai ke mesjid KH. Ahmad Dahlan . Saya melihat banyak orang berkumpul di kantor BEM FISIPOL.

Lalu saya akhirnya berhenti untuk mencoba bertanya cara mendaftar untuk MATAF keesokan harinya , saya bertemu kak Kiki dan memberitahu bahwa pendaftaran MATAF telah ditutup . Tetapi , kak Kiky masih memberikan kebijakan untuk tetap mengikutkan saya pada MATAF FISIPOL , dan saya ditempatkan di Kafilah Sulawesi Selatan , sangat pas dengan kampung halaman tercinta saya.

Setelah itu , saya bergegas kembali ke UNIRES Putra untuk membuat atribut Sulawesi Selatan . Saya membuat ala Makassar dengan songkok pasapu' ala Sultan Hasanuddin , dengan Badik terbuat dari Karton dan Sarung dengan gaya khas Makassar.

Pekerjaan membuat dan menggunting berakhir pada pukul 10.30 malam WIB . Dan secepatnya tidur untuk bersiap MATAF Fisipol UMY pada pukul 05.30 subuh WIB berkumpul di depan BEM FISIPOL.

Bersambung ke Menjadi Mahasiswa Baru UMY Part II ..

2 komentar:

Rega Ega mengatakan...

kak.mau tanya...
apa perbedaan hi-ic sama hi-reguler yaaa?

Rega Ega mengatakan...

kak.mau tanya...
apa perbedaan hi-ic sama hi-reguler yaaa?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...