Sabtu, 13 Agustus 2011

Resep membuat Coto Makassar


Bagikan tulisan ini ..


Kuliner Nusantara penuh ragam, tapi kuliner yang satu ini sulit untuk dilupakan. Beberapa waktu lalu saya makan siang di Coto Daeng dan rasa coto waktu itu membuat saya penasaran apa sih resep membuat coto Makassar, jadinya saya searching dan melihat buku masak dan inilah 'resep rahasia' coto Makassar.

Bahan - Bahan :

- 1 kg daging sapi bagian sengkel (sengkel merupakan bagian daging sapi yang empuk, biasanya berada di bagian paha)
- 2 liter air cucian beras
- 5 batang serai, memarkan
- 5 lembar daun salam
- 250 gram kacang tanah, goreng, tumbuk, dan haluskan.
- 3 sdm minyak goreng, untuk menumis
- 5 cm jahe, memarkan
- 1 ruas lengkuas, memarkan

P.S. : Sebenarnya selain daging sapi bisa juga direbus bagian lainnya, seperti hati, jantung, otot, maupun jeroan, tergantung selera masing - masing.

Bumbu yang dihaluskan:

- 10 siung bawang putih
- 8 butir kemiri disangrai
- 1 sdm ketumbar disangrai
- 1 sdt jintan disangrai
- 1 sdm garam
- 1 sdt merica butiran.

Pelengkap:

- Bawang goreng
- Irisan daun bawang
- Irisan seledri

Tahap pembuatan:

1. Jika anda memakai jantung, hati, ataupun jeroan siapkan panci terpisah dengan daging sapi, kalau mau makin empuk pakailah panci presto. Setelah matang anda potong dadu.

2. Untuk daging sapinya, anda harus merebusnya bersama air cucian beras, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.

3. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.

4. Bumbu yang sudah ditumis tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kaldu, tambahkan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan, kemudian tunggu sampai mendidih.

5. Setelah semuanya selesai, coto siap disajikan.

Tahap Penyajian:

Siapkan mangkuk, masukkan irisan daun bawang, seledri, dan sedikit garam. Bila anda suka bisa tambahkan perasa (mecin). Setelah itu masukkan potongan daging, jantung, hati maupun jeroan (sesuai selera) ke dalam mangkuk. Kemudian ambil air kaldu dan tuangkan ke dalam mangkuk (sesuai selera). Setelah sudah siap, taburi bawang goreng, tambahkan kecap dan perasan air jeruk nipis (sesuai selera). Sajikan selagi hangat. Lebih nikmat bila anda menikmatinya dengan ketupat ^_^

Demikian resep coto Makassar, sebuah kuliner khas dari kota Anging Mammiri. Anda mau mencoba membuatnya ? Jangan lupa undang saya untuk datang mencicipinya yah !

9 komentar:

Hybrid car mengatakan...

Ijin copas bos. Buat dipraktekin istri dirumah...hehe

Rudy Azhar mengatakan...

jadi laper nich...he..he..he.

Maz Adit mengatakan...

asyik dah. lam kenal mas

iskandaria mengatakan...

Saya belum pernah makan soto makassar ini. Tapi kalau dalam bentuk Indomie rasa coto makassar, udah pernah. Memang enak banget. Versi Indomie aja udah enak, apalagi aslinya.

andank mengatakan...

Perlu di coba sendiri nih

Jasa Freight Forwarding mengatakan...

wah saya orang makassar tp blm pernah pulkam, pengen banget ngerasain coto makassar asli yg ada di makassar..

Anonim mengatakan...

Ijin copas yaa... ^_^

Sablon Kaos Satuan mengatakan...

Makanan favorit saya nih, duh jadi laper daeng..

Anonim mengatakan...

Salam kenal, makasih resepnya, anakku pengen coto makassar masakan uminya pasca menyantap di sebuah kedai coto makassar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...