Minggu, 11 September 2011

Kebijakan IM2 per 15 Agustus


Bagikan tulisan ini ..
Saya mohon maaf jika dalam beberapa waktu belakangan ini belum sempat posting kabar terbaru. Hal ini dikarenakan modem IM2 yang saya gunakan sedang trouble sehingga menyebabkan saya tidak bisa mengakses internet.

Masalahnya terkait kebijakan baru IM2 per tanggal 15 Agustus 2011. Awalnya saya tidak tahu mengenai kebijakan tersebut, namun akhirnya saya diberitahu oleh customer service IM2 Broadband Service di Jogja Tronik ketika saya mengkonsultasikan keluhan saya. Ini dia curhatan saya beserta solusi yang saya dapatkan.

***

Seperti biasa 'ritual' awal bulan adalah men-top up modem IM2 saya sebelum tanggal 03 setiap bulannya. Maka pada tanggal 25 Agustus 2011 saya men-top up sebesar 150rb untuk masa pakai yang akan datang, yang berarti 150rb itu menjadi saldo pada akun IM2 saya. Saya punya dua akun, akun pertama ini yang saya top-up, sedangkan akun yang satunya di top-up setiap tanggal 21. Pasti anda bertanya-tanya kenapa saya membutuhkan dua akun ?

Hal ini disebabkan bagi orang kebanyakan modem IM2 yang mempunyai kuota 3GB sudah bisa mengakomodasi kebutuhan internetnya. Namun bagi saya tidak, sehingga saya harus mempunyai 2 kartu. Rata-rata pemakaian modem IM2 saya mencapai 8 jam per hari, jadi biasanya 1 kartu itu hanya bisa bertahan 10-15 hari.

Lantas masalah yang saya hadapi ini pada akun pertama saya yang di top-up setiap tanggal 3 per bulannya. Saya mengira karena paket yang digunakan IM2 Broom Xtra yang diaktivasi sejak 3 September 2009 ini terletak pada kesalahan sistem. Namun setelah saya cek di website 3g.indosatm2.com memang saldonya tidak berubah menjadi kuota pada tanggal 3 September. Hal ini berlarut-larut hinggal tanggal 7 September 2011, saya sudah berusaha menghubungi cs IndosatM2 yang tertera pada websitenya namun sayangnya selalu sibuk.

Saya pun hanya bisa pasrah tidak bisa online berhari-hari dikarenakan akun kedua saya juga sudah limit, karena kuotanya juga sudah habis sehingga kecepatan yang saya dapatkan tidak memadai untuk mengakses secara cepat.

Akhirnya pada tanggal 11 September, saya pun bermaksud membeli kartu IM2 baru karena saya kira akun pertama saya sudah tidak dapat digunakan lagi. Saat mencari kartu IM2 di lantai 2 Jogja Tronik, ternyata ada IM2 Broadband Service yang terletak di lantai 1. Saya akhirnya menuju ke tempat yang ditunjukkan, namun sayangnya gerainya tutup. Setelah tanya di counter yang berada di dekat gerai IM2 tersebut, ternyata gerainya buka pada siang hari. Sekitar pukul 12 siang. Sehingga saya akhirnya mencari kartu perdana IM2 yang ternyata tak jauh dari gerai IM2 itu sendiri.

Saya membeli paket IM2 Broom 100 seharga 150rb. Setelah membeli saya sempat berbincang-bincang dengan penjaga kios. Saya menanyakan ulang perihal gerai tersebut, dengan jawaban yang sama dengan pemilik counter yang saya tanya sebelumnya. Bahwa gerai IM2 tersebut terbuka pada siang hari. Ketika saya memberitahu keluhan saya tentang top-up dan kuota tersebut, masnya menjelaskan kalau per tanggal 15 Agustus lalu IM2 mengeluarkan kebijakan mengganti APN, kemudian ada instruksi untuk mengosongkan username dan password.

Saya pun berpikir, sepertinya hal ini mungkin langkah lanjutan dari penerapan one card for one account yang mulai diterapkan IM2 pada pertengahan 2011 lalu. Jujur, langkah yang dikatakan masnya belum pernah saya coba, dan saya tidak menerima pemberitahuan tersebut. Sehingga saya bingung ketika terjadi masalah pada top-up account bulan September ini.

Masnya hanya menjelaskan sampai sebatas kebijakan baru tersebut, namun tidak menjelaskan lagi lebih jauh. Setelah berbicang cukup lama, saya pun melanjutkan makan siang di foodcourt Jogja Tronik.

Setelah saya lihat waktu menunjukkan 12.15 WIB, saya kembali menuju ke gerai IM2. Alhamdulillah ternyata gerainya sudah buka, namun saya harus mengantri karena sebelum saya ada seorang ibu dan anaknya, serta bapak beserta tasnya.

Setelah mereka selesai, saya pun menuju ke meja customer service. Saya pun dimintai nomer customer ID beserta passwordnya. Setelah memberitahu ke CS, iapun masuk ke login di 3g.indosatm2.com.

Setelah cs-nya melihat ke layar komputer yang sudah masuk di akun saya, ia pun memberitahukan hal yang sama yang dijelaskan penjaga kios tadi. Dengan informasi tambahan ketika APN = Indosat sudah dimasukkan, kemudian password dan username sudah dikosongkan. Maka langkah selanjutnya kita mengkoneksikan kembali dengan internet kita. Lalu pada saat membuka browser kita langsung di direct ke alamat website IM2 (kalau saya pas nyoba di direct ke http://3g.indosatm2.com/PortalAPP/app/walledGarden/notificationPage.jsf), setelah di direct akan muncul pilihan RENEWAL. Setelah kita klik tombol renewal, maka kita diharuskan memutus koneksi, kemudian menyambungkan kembali koneksinya.

Setelah mendengar penjelasan cs tersebut, saya pun tanpa berpanjang lebar langsung pamit dan meluncur langsung ke kos untuk mencoba langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Dan alhamdulillah, akhirnya bisa terkoneksi kembali.

***

Untuk berbagi langkah-langkah mengkoneksikan kembali akun jika terjadi masalah yang sama dengan yang saya hadapi. Hendaknya mengikuti langkah berikut:

1. Pastikan anda telah mentop-up akun anda sesuai dengan nominal top-up anda tiap bulannya.
2. Lihat kembali top-up balance anda di halaman customer pada website 3g.indosatm2.com, silahkan anda masukkan username (customer ID anda/nomer IM2 anda) dan password.
3. Pastikan pada pengaturan modem anda APN yang tercantum adalah INDOSAT.
4. Kosongkan field (bagian) username dan password pada profile management di pengaturan modem anda.
5. Pastikan IP Settings, DNS Settings, serta WINS Settings anda pada pilihan Dynamic, sedangkan Authentification Protocol Settings anda pada pilihan PAP.
6. Setelah itu anda koneksikan modem anda.
7. Kemudian buka browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, IE, Safari, atau yang lainnya)
8. Ketika anda membuka browser maka anda langsung diarahkan ke website INDOSATM2 untuk proses renewal (kalau tidak diredirect bisa menaruh link ini di address bar anda: http://3g.indosatm2.com/PortalAPP/app/walledGarden/notificationPage.jsf).
9. Setelah itu akan muncul tampilan, dengan tombol RENEWAL. Silahkan anda klik tombol renewal kemudian akan muncul pemberitahuan untuk memutuskan kemudian menyambungkan kembali koneksi anda.
10. Setelah koneksi anda tersambung kembali maka anda dapat kembali mengakses website favorit anda.

Demikian yang bisa saya bagikan, disamping saya curhat saya juga turut berbagi solusi kepada anda. Semoga tulisan ini membantu pembaca sekalian.

4 komentar:

HeruLS mengatakan...

Saya sempat memakai operator itu selama beberapa bulan pada akhir 2010.
Saya tinggalkan karena tarifnya terasa mahal dibandingkan tawaran dari operator lain, dan sistemnya makin ribet. Mungkin sama seperti yang Anda alami.
Sudah ada lagi kawan saya yg kecewa kok.
Tidak perlu takut untuk berganti-ganti operator.
Salam kenal.

Fikar mengatakan...

@heruls : tentunya setiap costumer berhak untuk memilih operator yang dianggapnya lebih memuaskan dirinya. Salah satu alasan saya masih menggunakan IM2 sih karena jaringannya stabil.

Tapi kembali lagi kepada kepuasan costumer terhadap suatu produk mas Heruls.

Kalau saya sih dalam tulisan ini lebih cenderung memberikan informasi daripada memprovokasi orang untuk ganti operator.

Karena masing-masing orang pny penilaian terhadap suatu produk kan :)

Restiono mengatakan...

Saya pernah pake IM2, tapi udah lama banget. Soalnya di daerah saya koneksi IM2 kurang bagus, mungkin terlalu jauh dengan BTS. *padahal deket kantor INDOSAT, eks IM2 lagi*

Tapi kebetulan teman pake di kostnya, cukup bagus. Dan mengenai hal yang jenengan informasikan ini, teman saya juga tidak mengetahui, sampai-sampai dia pinjem koneksi di tempat saya buat bikin tugas. :D

Menurut saya sih, tergntung orangnya kok, ga perlu memprovokasi orang untuk pindah operator. Soalnya tiap-tiap daerah bisa saja beda "tingkat kenyamanannya". :)

arif mengatakan...

udah ga pake im2 neeh

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...