Selasa, 25 Oktober 2011

Mau dibawa kemana 'Obor SEA Games' ?


Bagikan tulisan ini ..
Euforia pelaksanaan SEA-GAMES ke-26, dimana Indonesia sebagai tuan rumah semakin menggelora. SEA-GAMES XXVI ini akan dilaksanakan pada 11 - 22 November 2011 di dua kota besar, yakni Jakarta dan Palembang. Namun sebulan sebelum pelaksanaan tersebut, euforianya sudah mulai terasa dengan diadakannya Torch Relay SEA Games 2011, dengan bahasa simpelnya yakni Kirab Api SEA Games 2011.

Saya teringat lagu Ayu Ting Ting 'Salah Alamat' dan inilah yang terjadi dengan dua sahabat saya (Iwan Restiono dan Muhammad Akbar Alatas) yang menjadi wartawan dadakan ketika mengikuti arak-arakan (kirab) Obor SEA Games ini. Awalnya mereka berdua mengira bahwa Obornya masih di Borobudur, ternyata Obornya mampir ke Jogja tepatnya di Kepatihan Yogyakarta. Mari kita mengikuti jejak kirab Obor yang bermula dari Mrapen hingga ke Palembang.

Api Abadi Mrapen dan Borobudur 23 Oktober 2011

Pengambilan api abadi dilakukan di Desa Mrapen, Grobokan, Jawa Tengah dilakukan oleh juru kunci Mrapen, Muryo Prasetyo. Api obor kemudian diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, serta Ketua Panitia SEA Games XXVI Rita Subowo.

Setelah pengambilan api abadi tersebut, obor kemudian dibawa ke Candi Borobudur dan tiba di Candi Borobudur pada hari Minggu 23 Oktober 2011 pkl. 16.30 WIB. Di Candi Borobudur untuk menyambut obor SEA GAMES, malam harinya dilaksanakan juga acara yang bertempat di Taman Lumbini Candi Borobudur dengan penampilan band musik.

Yogyakarta, 24 Oktober 2011

Keesokan harinya pada hari Senin 24 Oktober 2011 pkl. 12.30 WIB, obor SEA GAMES telah tiba di Kepatihan Yogyakarta kemudian diterima oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam IX. Setelah diterima oleh Wakil Gubernur, 30 menit kemudian obor SEA-GAMES kembali diarak di beberapa ruas jalan di Yogyakarta oleh tim Atlet PON asal Jawa Tengah yang berjumlah 25 orang.

Di jalan-jalan Yogyakarta, terdapat banyak sekali banner khas SEA Games dan rupanya Indosat merupakan salah satu partner Telekomunikasi untuk penyelenggaraan SEA Games XXVI ini loh.

Semarang, 25 Oktober 2011

Untuk penyambutan di Semarang, obor SEA-Games akan diarak keliling kota Semarang dengan start dari Ungaran menuju pusat kota Semarang.

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, 26 Oktober 2011

Setelah Semarang tempat selanjutnya yang akan menjadi persinggahan adalah Pulau Komodo. Penyambutan di Pulau Komodo ini pada 26 Oktober 2011 akan disambut oleh Atlet tinju asal NTT Hermensen Ballo bersama Wakil Gubernur NTT Esthon Foenay.

Kupang, Nusa Tenggara Timur, 27-28 Oktober 2011

Di Kupang, sebuah momen prestisius akan digelar yakni pelaksanaan upacara Sumpah Pemuda dengan menghadirkan obor SEA-Games. Rencananya obor akan menginap di Kupang selama dua hari, 27 - 28 Oktober 2011.

Jayapura, Provinsi Papua, 29-30 Oktober 2011

Di kota Jayapura berbagai persiapan telah dilakukan oleh KONI Papua, yakni obor tersebut akan diterima oleh gubernur Papua, serta utusan dari Kodam 17 Cenderawasih dalam rangka pengawalan Torch Relay.

Obor Sea Games di jadwalkan tiba di bandara Sentani, Jayapura pada tanggal 29 Oktober 2011. Setelah tiba dibandara, obor akan diterima oleh Bupati Kabupaten Jayapura yang didampingi para Muspida dan warga masyarakat, selanjutnya obor diserahkan kepada duta-duta olahraga Papua, kemudian akan diarak melalui pawai kendaraan menuju Kantor Gubernur Papua di Dok 2 Jayapura untuk diterima oleh Gubernur. Selanjutnya api obor yg telah disulut oleh gubernur, akan diinapkan satu malam di kantor Gubernur, untuk selanjutnya keesokan harinya digiring kembali ke Sentani untuk diterbangkan menuju kota Makassar.

Makassar, Sulawesi Selatan, 31-1 Oktober 2011

Sebuah event akan menyambut kedatangan Obor di Makassar yakni event Perahu Naga Internasional, event ini digelar di Pantai Losari dan diikuti peserta dari 10 negara. Beberapa negara yang berpartisipasi,di antaranya Singapura,Hong Kong,China, Thailand, dan Malaysia. Event ini diselenggarakan sebagai bagian promosi pariwisata kota Makassar dalam menyongsong tahun kunjungan wisata visit South Sulawesi 2012 dan visit Makassar 2011.

Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan Timur, 2-3 November 2011

Selepas dari Makassar, obor SEA-Games akan diterbangkan ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Adapun prosesi penyambutan kirab obor tersebut akan di serahkan langsung oleh duta yang mewakili Makassar kepda duta yang mewakili Kaltim sebagai pembawa kirab obor. Setelah itu dibawa dengan iring-iringan menuju Kantor Walikota Balikpapan untuk disemayamkan. Keesok harinya lansung dibawa menuju Samarinda dan langsung dibawa ke kantor Walikota Samarinda. Sebelum disemayamkan, kirab obor tersebut akan disambut dengan berbagai acara hiburan di halaman Kantor Gubernur.

Jakarta, 4-5 November 2011

Di Jakarta, Obor SEA Games akan diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Pada tanggal 4 November 2011 obor SEA Games diterima oleh Gubernur, selanjutnya keesokan harinya Obor SEA-Games akan dibawa keliling Jakarta. Lalu setelah itu diterbangkan ke Palembang.

Palembang, Sumatera Selatan, 6-11 November 2011

Palembang merupakan kota terakhir untuk kiran Obor SEA Games, namun Palembang last but not least. Karena di tempat ini penyelenggaraan SEA Games akan dilaksanakan, disamping di kota Jakarta. Obor SEA Games yang telah diarak keliling Indonesia tersebut akan disulut ke Tugu Obor SEA Games pada acara pembukaan.


Demikian perjalanan Obor SEA Games dari Mrapen sampai ke Palembang. Besar harapan kita semoga pelaksanaan SEA Games ini berjalan dengan lancar. Dan tentunya semoga Indonesia menjadi pemenangnya ! Mari dukung Indonesia untuk menjadi pemenang di ajang bergengsi ini..

10 komentar:

Wiwin mengatakan...

Kerennnn... !! Lengkap :-)

ASAZ mengatakan...

semoga Indonesia juara umum

JIMMY mengatakan...

saya juga buat artikel tentang sea games nih tapi tentang maskot dan logonya hehe..

coba baca deh http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com/2011/10/cerita-dibalik-logo-dan-maskot-sea.html

ada-akbar.com mengatakan...

Pengalaman yang seru .walau melelahkan wkwkw

Aji Prast mengatakan...

Kirab api Sea game, kobarkan semangat untuk mendukung Indonesia. Mudah-mudahan Indonesia jadi juara :)

Restiono mengatakan...

Walah, itu informasi palsu mas... :D
Gara-gara info yang simpang siur... :D

Achmad Zulfikar mengatakan...

@mb wiwin : iyaa dong mbak :) terdepan mengabarkan Kabar FIKAR ..

@asaz : aminnn.. kita doakan bersama yahh..

@jimmy : tq sharenya mas :) menarik infonya ..

@ada-akbar : pengalaman baru bukan sekedar melelahkan tapi menegangkan mas :)

@aji prast : iyaa mas :) memang itu yang kita inginkan bersama ...

@restiono : informasi palsu yah mas :) sabar yah,,, tapi yang pentingkan ikutan maraton juga :) .. ^_^

nadhilaolaanshaami mengatakan...

wow mantap.. :)

yang aku pernah liat, ini ada twitpic challengenya gitu di twitter.

ini nih–> http://www.facebook.com/notes/im3/twitpic-challenge/10150883183375183

hehe.. :D

Mambay mengatakan...

q mmpir k blogmu mas.
smga ssma anggota KBJ bisa sling mnjalin prsaudraan. :)

psng link q yo mas, link blogmu dah q psang. mga nnti bisa sring2 mmpir lg. :)

fikypw mengatakan...

semoga Indonesia bisa juara di mayoritas event deh :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...