Selasa, 15 November 2011

Waspada Penipuan XMAS Promosi mengatasnamakan Telkom Indonesia


Bagikan tulisan ini ..
Assalamu alaikum.

Bagaimana kabar readers sekalian ? Semoga dalam keadaan sehat selalu. Kali ini saya ingin membahas mengenai maraknya e-mail penipuan yang mengatasnamakan instansi maupun perusahaan. Dan untuk email yang satu ini, kenapa saya memabahasnya, hal ini dimaksudkan agar diketahui juga oleh pihak Telkom Indonesia. Pasalnya email ini seolah-olah meyakinkan karena pengirimnya noreply@telkom.co.id.

Awalnya saya sudah menduga kalau email ini berisi penipuan, namun saya melihat alamat email yang memang merupakan domain name milik PT. Telekomunikasi Indonesia. Untuk meyakinkan hal tersebut maka saya searching di Google, dan menemukan benar adanya alamat email tersebut adalah milik PT. Telkom.

Namun tidak sampai di situ, kenapa dugaan saya mengindikasikan bahwa email ini penipuan, karena dari kalimat per kalimat dalam email ini tidak sinkron dan juga validasi pemenangnya menggunakan email yang berbeda dan tidak menggunakan email resmi Telkom.

Berikut penggalan emailnya serta screenshotnya:

Pelanggan yang terhormat,

Selamat Anda telah memenangkan £ 500,000.00 (GBP) dalam untuk Xmas Telkom Promosi Indonesia, promosi ini dilakukan di Telkom kantor di London, dan Anda akan dibayar dalam mata uang Inggris.

Mengirim kode [TELQQ] bahasa lisan Diutamakan [bahasa Indonesia/Inggris] dan nomor telepon untuk [telkcomreply@post.com] untuk informasi lebih lanjut dan klaim. Atau hubungi hotline kami di bawah ini.

Selamat sekali lagi.

Salam.

DIRECTOR RINADI FIRMANSYAH
PROMOTION ADMISTRATOR
TELKOM INDONESIA

PEMBERITAHUAN:
Semua hadiah tidak diklaim menang dalam waktu 10 hari kerja akan dibatalkan.

Webmail Administrator
TELKOM LONDON
12-15 St' Thomas Av. London
N19 5NF, United Kingdom.
Tel: 447 024 046 058

Screenshot:


Setelah saya telusuri lebih lanjut, ternyata Telkom London dalam hasil pencarian tidak ditemukan. Dan hanya ada post-post berisi pertanyaan orang-orang tentang keaslian email ini. Baik di berbagai forum maupun blog pribadi juga banyak yang membahas seputar email penipuan ini.

Menurut analisa saya, sepertinya penyebaran email penipuan ini dimulai pada awal bulan November. Hal ini ditandai banyaknya post-post di forum maupun blog yang berkisar pada awal bulan November.

Disamping itu, mana ada pemberian hadiah yang memberikan tenggat waktu seperti yang tertera pada email tersebut ? Dapatkah dilogika-kan ? Dari tulisan ini harapan saya, semoga readers sekalian dapat terhindar dari unsur-unsur penipuan sejenis ini. Anda harus lebih jeli lagi memperhatikan email-email anda, jika anda melihat email seperti diatas dan tidak logis. Maka sebaiknya masukkan saja dalam daftar SPAM pada pengaturan email anda.

Wassalam.

8 komentar:

Belajar Photoshop mengatakan...

kita emang musti ekstra hati hati tuk masalah satu ini.. makasii kang iia share nya :(

Anonim mengatakan...

iya benar mas..saya juga dikirim...agak meragukan karena tidak menyertakan nama dan no telp pelanggan telkom ..thx 4share

FridiGraph mengatakan...

saya kemarin baru saja dapet email dari Western Union
emailnya westumtd@kimo.com
katanya saya dapat $700,000.00 USD
tapi enggak saya tanggapin, itu gimana ya?

Fridi Graphic

Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia mengatakan...

kita harus waspada thd segalanya.thanks

adi pradana | instan mengatakan...

penipuan di mana mana, waspadalah waspadalah :)

distributor sprei mengatakan...

Quote your blog info thanks nice and helpful, greeting and Salm successful blogger
Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik

Dery mengatakan...

halo mas, udah lama banget ga ngeblog, 6 bulan absen dari dunia blog, hehe.. jadi inget pas kopdar pertama blogger jogja
rencana 2012 saya ngeblog lagi

annosmile mengatakan...

semoga para pelaku tindak penipuan segara tertangkap..hehe..supaya tidak mersahkan msyarakat..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...