Selasa, 24 Januari 2012

Indahnya menjadi Mahasiswa Berorganisasi


Bagikan tulisan ini ..
Tulisan ini sebenarnya kepikiran pas lagi ngendarain motor menuju ke mesin ATM dan semakin besar keinginan tersebut ketika menuju kembali ke kosan. Intinya saya mau sharing ajah, apa sih manfaat dari organisasi tersebut dari perspektif seorang Fikar.

To the point ajah, sekarang saya miris melihat apatisme dari mahasiswa/i baru angkatan 2011 maupun angkatan saya sendiri 2010 di kampus saya tercinta UMY yang memandang organisasi baik lembaga mahasiswa di jurusan maupun fakultas serta UKM-UKM sebagai sesuatu yang tidak penting untuk terlibat di dalamnya.

Padahal dari organisasi tersebut, anda mendapatkan banyak pengalaman. Tentunya kita terlalu banyak menerima teori dalam hidup kita, di organisasi inilah kita mengimplementasikan teori tersebut melalui aksi nyata dalam tindakan.

Dalam transisi dari semester ganjil ke semester genap ini, saya mengajak teman-teman sekalian untuk bergabung dalam organisasi. Jangan hanya jadi mahasiswa yang pas-pasan ajah tanpa nilai tambah. Toh juga kalau kita milih barang, pasti kita ambil yang ada nilai tambah dibanding dengan barang yang biasa-biasa saja, begitupun adanya diri kita dan organisasi.

Please, jangan hanya bisa jadi mahasiswa kuliah-kosan dong, yuk ikut organisasi salurkan energi positifmu wahai teman-teman generasi muda. Kalau kalian takut organisasi dapat mengganggu kuliah atau bahkan buat nilai anjlok, saya rasa hal itu tidak bisa jadi sebuah alasan untuk menghindari organisasi. Buktinya saya sendiri berorganisasi dari semester 1, semester 2, hingga semester 3, dan insya Allah akan lanjut hingga lulus.

Nilai semester 1 saya, alhamdulillah saya mendapatkan IPK 4.00, sedangkan nilai semester 2 saya 3.80. Dan nilai semester 3 masih dalam proses. Dari sini dapat anda lihat bahwa hasil yang saya peroleh di dua semester awal baik-baik saja, tpi bgaimana dengan penurunan yang terjadi. Kalau saya menganggap itu sudah tergantung dari tingkat kesulitas mata kuliah, toh juga semakin tinggi kita naik tentunya akan semakin sulit nilai didapatkan.

Dan saya bertanya kepada kakak angkatan yang tidak mengikuti organisasi sama sekali, dan ia menyatakan bahwa ia merasakan kesulitan yang sama. Sedangkan yang ikutan organisasi saya tanya, ia malah menjawab lebih mudah untuk mendapatkan nilai karena dirinya sudah dikenal oleh beberapa dosen.

Sebenarnya keuntungan 'nyata' dari berorganisasi adalah mahasiswa yang berorganisasi akan cepat dikenal oleh dosen. Karena tentunya kita akan berurusan dengan birokrasi di tingkat jurusan, fakultas, maupun di universitas. Dan kita akan menemui banyak orang, tak terkecuali dosen kita yang melihat rutinitas kita.

Yuk kita tengok organisasi Fikar dan kapan ajah sih open recruitmentnya, kali ajah anda berminat.

1. Organisasi di Tingkat Jurusan biasa disebut HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan). Karena saya bernaung dibawah jurusan Hubungan Internasional, maka organisasi HMJ di Jurusan ini adalah KOMAHI UMY (Korps Mahasiswa Hubungan Internasional UMY). Untuk organisasi ini open recruitmentnya dilakukan setiap pergantian kepengurusan dan setelah pelantikan pengurus inti (BPH dan Kadiv). Untuk periode 2011-2012 ini, KOMAHI UMY melakukan rekrutmen pada bulan November 2011, sedangkan training organisasi pada Desember 2011.

2. Organisasi di Tingkat Fakultas terdiri atas dua lembaga mahasiswa yakni BEM dan DPM. Jurusan saya bernaung dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, sehingga yang menjadi organisasi di tingkat fakultas yakni BEM FISIPOL UMY. Pada periode pengurus 2011-2012 saya pun bergabung dalam BEM FISIPOL ini, dan posisi saya sekarang adalah Ketua Divisi Media dan Informasi BEM FISIPOL UMY. Adapun open recruitmen pengurus BEM FISIPOL UMY untuk periode 2011-2012 yakni 19-24 September 2011.

3. Organisasi UKM, saya mengikuti dua UKM yakni UKM Paduan Suara Mahasiswa Sunshine Voice UMY dan UKM LPPM Nuansa UMY. Paduan Suara saya terlibat sebagai pengurus yang bergerak dalam bidang Humas Internal dibawah koordinasi Divisi Humas, sedangkan di UKM LPPM Nuansa UMY yakni UKM yang bergerak dalam bidang Jurnalistik, saya bertindak sebagai Ketua Divisi Jaringan dan Informasi. Untuk kedua UKM ini saat ini sedang melakukan open recruitment, untuk UKM Paduan Suara akan buka open recruitment season 2 pada 28 Februari 2012- 7 Maret 2012 sedangkan LPPM Nuansa UMY sedang buka pendaftaran juga dan akan berakhir pendaftarannya pada tanggal 27 Februari 2012.

Demikianlah sedikit curhatan saya tentang Indahnya menjadi Mahasiswa Berorganisasi, marilah kita manfaatkan diri kita sebaik mungkin untuk juga bermanfaat bagi orang lain.

8 komentar:

Anhar mengatakan...

wah jangan2 pas ke atm bca ahmad dahlan kemarin tuh >.<

Alam mengatakan...

banyak hal yang didapat dari organisasi, banyak teman, banyak pengalaman, dan yang jelas punya kesempatan banyak cewek, hahaha,
dulu waktu kuliah saya juga berorganisasi, dan manfaatnya baru terasa banget sekarang,

Tongkonanku mengatakan...

Rajin berorganisasi memang bagus buat pengembangan diri. Sayangnya saya koq gak punya bakat itu ya? :(

bayu mengatakan...

wah saya juga minat di umy ms. saya lulusan 2010 ! kra2 mash bisa gak ? terus biaya kuliahnya berapa ya ? makash,.
saya nunda kuliah karena belum ada biaya mas... tes nya apa aja?

doan mengatakan...

Salam kenal mas.....

surya ramadhan mengatakan...

pengembangan diri sendiri tak harus di perkuliahan namun bisa diluar perkuliahan,, berorganisasi adalah langkah yang tepat, namun jangan lupa untuk tetap mendahulukan kewajiban daripada hak...

adi pradana | boomberita mengatakan...

banyak manfaat jika kita berorganisasi. dari kuliah sampai kerja pun saya mencoba aktif di organisasi. saat kerja saya sempatkan berorganisasi ikut organisasi profesi.

R Verry Kurniawan mengatakan...

Terima Kasih ya kang, sukses selalu share nya di blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...